Salin Artikel

Berkasnya Lengkap, Besok Polisi Limpahkan Tersangka Kasus Pelecehan FK Unand

Dijadwalkan Selasa (6/6/2023) dilakukan tahap II atau penyerahan barang bukti dan tersangka dari penyidik Polda Sumbar ke Kejati Sumbar.

"Tadi sudah keluar P21 atau penyidikannya sudah lengkap. Besok tahap II-nya," kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan yang dihubungi Kompas.com, Senin (5/6/2023).

Dwi mengatakan awalnya berkas tersebut sempat dikembalikan jaksa ke penyidik lagi untuk dilengkapi.

"Tapi tadi sudah P21 ya. Jadi tinggal tahap II saja dan besok dilaksanakan tahap II nya," kata Dwi.

Kuasa hukum tersangka H, Putri Deyesi Rizki mengatakan sudah mendapatkan informasi P21 tersebut.

"Benar. Besok tahap II-nya," kata Putri.

Putri mengatakan saat ini kondisi kliennya sedang sakit sehingga pihaknya menyiapkan surat penangguhan penahanan ke Kejaksaan Tinggi Sumbar.

"Kondisi H masih sakit. Dia masih depresi. Nanti kita siapkan surat penangguhannya," kata Putri.

Sebelumnya diberitakan, kasus pelecehan itu berawal dari akun Twitter @andalasfess mengunggah status pelaku masih berkeliaran di kampus kendati sudah dilaporkan ke pihak universitas, Satgas maupun ke Polda Sumbar pada Jumat (24/2/2023).


Dalam unggahan itu juga disebut modus pelaku merekam aksi tidak senonoh pelaku dengan korban yang tertidur. Lalu, rekaman video itu saling dikirim ke sang kekasih.

Pihak Universitas Andalas membenarkan kasus itu dan sekarang sedang ditangani tim Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Unand.

Sekretaris Universitas Andalas Henmaidi mengatakan total korban yang melapor ke Satgas PPKS ada 12 orang, tapi tidak merinci berapa korban perempuan maupun laki-laki.

Polisi juga telah menetapkan sepasang kekasih itu sebagai tersangka pada akhir Maret 2023, lalu baru ditahan pada 28 April 2023.

Setelah sempat ditahan beberapa hari, akhirnya kedua tersangka ditangguhkan tahanannya dengan alasan yang bersangkutan depresi.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/05/163631778/berkasnya-lengkap-besok-polisi-limpahkan-tersangka-kasus-pelecehan-fk-unand

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke