Salin Artikel

WNA Amerika Mengaku Kehabisan Uang, Diamankan Imigrasi Maumere

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere Eko Julianto Rachmad mengatakan, RJK diamankan lantaran izin tinggalnya telah habis atau overstay. RJK juga mengaku kehabisan uang.

“Setelah dilakukan pengecekan di dalam sistem diketahui bahwa izin tinggal kunjungan yang bersangkutan telah berakhir pada 25 Mei 2023,” ujar Julianto di Maumere, Senin (5/6/2023).

Julianto menerangkan, awalnya petugas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere menerima informasi dari aparat Kepolisian Sektor (Polsek) terkait keberadaan Warga Negara Asing (WNA) yang tidak memiliki paspor, pada Selasa (30/5/2023).

Berdasarkan laporan, WNA tersebut sedang menetap di penginapan Watumita, Desa Wairterang, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka.

Keesokan harinya petugas dan aparat Polsek Waigete mendatangi tempat penginapan, namun yang bersangkutan tidak ditemukan.

Selanjutnya petugas mendapat informasi bahwa WNA itu berada di rumah penduduk di Dusun Wodong, Desa Wairterang.

Dari keterangan pemilik rumah, WNA tersebut sudah menginap selama satu malam di rumahnya.

"Ketika petugas menanyakan dokumen WNA tersebut mengaku paspornya hilang dan hanya ada foto paspor di telepon selulernya miliknya,” jelas Julianto.

Kepada petugas, kata Julianto, RJK mengaku kehabisan biaya hidup. Selanjutnya petugas membawa RJK ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere untuk dilakukan pemeriksaan.

Julianto menambahkan, setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, ditemukan adanya pelanggaran.

Selanjutnya RJK dikenakan sanksi tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi kembali ke negara asalnya.

"Besok RJK akan diberangkatkan ke Kupang. Dia akan ditempatkan sementara di Rudenim Kupang, sambil menunggu proses deportasi," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/05/140655778/wna-amerika-mengaku-kehabisan-uang-diamankan-imigrasi-maumere

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke