Salin Artikel

Warga yang Diduga Ditangkap Densus 88 di Banyuwangi Seorang Pengacara, Juga Punya Lembaga Pendidikan


BANYUWANGI, KOMPAS.com - S, warga Dusun Susukan Kidul, Desa Gladag, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur yang diduga ditangkap Densus 88 Anti Teror ternyata seorang pengacara.

S, diketahui terlibat aktif dalam pendampingan permasalahan hukum di bawah naungan Kantor At Taubah Law Office Banyuwangi.

Belakangan, kantor hukumnya itu aktif mendampingi kasus yang berkaitan dengan korban asusila perempuan dan anak di Banyuwangi.

Tak hanya itu, S ternyata juga memiliki lembaga pendidikan berupa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) At Taubah yang di tempat tinggalnya.

Kepala Dusun Susukan Kidul, Hairiyah membenarkan jika yang bersangkutan adalah seorang pengacara. Dia juga seorang pendidik.

"Bapaknya ini dosen dan pengacara. Jarang di rumah. Tiga hari sekali, kadang dua hari sekali baru di rumah," katanya kepada awak media, Sabtu (3/6/2023).

Menurut Hairiyah, S merupakan warga asli Dusun Susukan Kidul, Desa Gladag, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Keluarga S, dikenal sebagai orang yang taat beribadah.

"Dari kecil di sini, ayahnya juga guru ngaji," terang Hairiyah.

Pantauan Kompas.com, pada Sabtu (3/6/2023) malam, rumah S tampak sepi. Pintu rumah yang bersangkutan juga nampak tertutup rapat.

Bahkan suasana rumah di sekitar lokasi kediaman S, juga terlihat tidak ada aktivitas warga. Pintu-pintu rumah warga juga tertutup.

Sebelumnya, tim yang diduga Densus 88 Anti Teror menangkap S, di rumahnya di Dusun Susukan Kidul, Desa Gladag, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, pada Sabtu (3/6/2023) siang.

"Iya benar, siap. Informasinya ada warga kami yang ditangkap Densus 88," kata Kepala Desa Gladag, Chaidir Sidqi, kepada Kompas.com.

Menurut Chaidir, penangkapan terhadap warganya itu terjadi sekitar pukul 12.00 Wib.

"Ditangkap di rumahnya sekitar jam 12 an," ujarnya.

"Mohon maaf saya tidak tahu persis ya," kata Sudarsono saat dikonfirmasi.

Meski tidak tahu persis, namun Sudarsono mengaku sudah mendengar kabar ada warga di wilayah hukumnya yang diduga ditangkap oleh Tim Densus 88 Anti Teror.

Dia juga menyarankan untuk langsung menanyakan terkait adanya penangkapan warga yang diduga teroris itu kepada Polresta Banyuwangi.

"Iya, lebih jelas konfirmasi ke Polres mas," jawab Sudarsono singkat.

Kasi Humas Polresta Banyuwangi Iptu Agus Winarno mengaku belum menerima kabar terkait penangkapan tersebut.

"Mohon maaf saya belum terima kabar tersebut karena saya masih di luar kota," ungkap Iptu Agus, saat dikonfirmasi.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/03/220253478/warga-yang-diduga-ditangkap-densus-88-di-banyuwangi-seorang-pengacara-juga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke