Salin Artikel

Siti Rawat dan Biayai Anak Majikan dari Taiwan yang Down Syndrome, Alasannya Sayang dan Amanah

KARAWANG, KOMPAS.com-Siti Aisah (37) bersedia merawat dan membiayai anak majikan yang down syndrome lantaran rada sayang dan amanah.

Anak itu bernama Huang Che Ming atau Siau Huang. Ia merawat anak itu dari umur 16 tahun hingga saat ini berumur 26 tahun.

"Sudah 10 tahun saya merawat dia, dari 2013," kata Siti ditemui Kompas.com di rumahnya, Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (3/6/2023).

Dua tahun lalu, ayah Huang Che Ming meninggal. Kepada Siti, pria Taiwan itu menitipkan Che Ming.

Sejak saat itu, keluarganya tak ada yang menanyakan kabar hingga membiayai Huang Che Ming. Padahal ibu dan kakak perempuannya masih ada.

"Kakaknya pernah ngirim sekali namun setelah melalui perdebatan," kata Siti.

Dua minggu lalu, Siti sempat kebingungan saat Huang Che Ming masuk rumah sakit. Ia khawatir biayanya akan besar.

Siti pun berupaya menghubungi kakak Huang Che Ming. Namun tak ada respon. Nomor WhatsApp Siti justru diblokir.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari keluarganya dan Che Ming, Siti berjualan sembako di rumahnya. Ia membuka toko kelontong. Diketahui anak Siti ada tiga, empat dengan Che Ming.

"Sebulan kira - kira habis Rp 3.000.000 untuk obat dan pampes. Sedang untuk makan dan lainnya tak saya hitung," ujarnya.

Siti juga tak cerita kepada keluarganya bahwa kakak dan Ibu Che Ming tak memberi dan menanyakan kabar. Keluarganya mengaku kaget setelah unggahan soal kisahnya viral di media sosial.

Siti juga dibantu ibunya yang juga menjadi pekerja migran Indonesia (PMI) di Taiwan. Beruntung, tiga bulan lalu suaminya, Carsam, kembali mendapat panggilan kerja di Taiwan.

"Ibu saya sudah 15 tahun di Taiwan. Rela tidak pulang demi membantu anak dan cucunya," ujarnya.

Siti berujar apa yang ia unggah dan kemudian viral tak melulu soal uang. Pun keinginannya. Melainkan kepedulian terhadap Huang Che Ming.

Ia mengaku tak masalah jika tak digaji saat merawat Huang Che Ming. Hanya saja, ia berharap kebutuhan Huang Che Ming diperhatikan.

"Setidaknya menanyakan kabar," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/03/161147378/siti-rawat-dan-biayai-anak-majikan-dari-taiwan-yang-down-syndrome-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke