Salin Artikel

Aksi Keji Residivis di Kalsel, Perkosa Wanita, lalu Tusuk Ayah Korban dan Polisi

KOMPAS.com - Jumairi (33), seorang residivis kasus pembunuhan, kembali ditangkap polisi.

Ia membunuh ayah dari perempuan korban perkosaannya. Peristiwa ini terjadi di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Seksi (Kasi) Humas Kepolisian Resor (Polres) Barito Kuala AKP Abdul Malik mengatakan, Jumairi kini telah mendekam di tahanan Polres Barito Kuala.

Abdul menuturkan, dalam kejadian itu, Atbain, ayah korban perkosaan, ditikam berulang kali oleh pelaku.

Atbain mulanya hendak menyelamatkan putrinya, M (22), yang diperkosa oleh pelaku. Jumairi awalnya membawa kabur korban ke sebuah hotel di Banjarmasin, Kalsel.

Sewaktu pelaku lengah, MM coba menghubungi keluarganya untuk meminta pertolongan.

Korban akhirnya berhasil diselamatkan. Adapun pelaku yang ditangkap keluarga korban, dibawa ke kantor polisi.

"Setibanya di tempat kejadian, ikatan JM terlepas dan menyerang korban Atbain menggunakan senjata tajam jenis belati. Sementara rekan-rekan korban mencoba melerai,” ujar Abdul dalam keterangannya, Kamis (1/6/2023).

Tak lama usai korban tersungkur akibat ditikam pelaku, ada tiga anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Alalak melintas di lokasi kejadian. Mereka lalu melerai dan hendak meringkus pelaku.


Akan tetapi, pelaku justru melawan petugas menggunakan senjata tajam. Serangan itu membuat seorang petugas terluka. Abdul menuturkan, petugas tersebut mengalami luka tusuk di pinggang sebelah kiri.

Meski sempat melawan, Jumairi akhirnya berhasil diamankan.

Menurut Abdul, pelaku bakal dijerat Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan juncto Pasal 531 KUHP tentang penganiayaan dengan ancaman hukuman di atas 15 tahun penjara.

Di samping itu, seperti yang tercantum dalam KUHP, sebagai residivis, hukuman pelaku ditambahkan sepertiga dari hukuman pokok.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Banjarmasin, Andi Muhammad Haswar | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2023/06/02/130714678/aksi-keji-residivis-di-kalsel-perkosa-wanita-lalu-tusuk-ayah-korban-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke