Salin Artikel

Anaknya Pindah dari SD ke SLB, Suwadi: Saya Bersyukur Diberi Tahu Kondisinya

UNGARAN, KOMPAS.com - Menurut orangtua Muhammad Firmansyah, Suwadi, anaknya pindah dari SD negeri ke sekolah luar biasa (SLB) tidak ada faktor paksaan.

Menurut Suwadi, anaknya memang memiliki 'kurang pemikiran' sehingga ketinggalan dalam menyerap materi pelajaran.

"Memang Firman ini sering lupa, kalau belajar lupa-lupa," ujarnya, Rabu (31/5/2023) di rumahnya, Dusun Doplang 2 Desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Dia malah mengaku berterima kasih kepada guru di sekolah anaknya terdahulu.

"Gurunya bilang kondisi Firman, saya jadi tahu memang Firman kurang pemikiran. Sekarang setelah pindah sekolah, Firman menjadi lebih baik," kata Suwadi.

"Jadi setelah saya diberitahu guru tersebut, Firman pindah ke SLB. Tidak ada masalah, yang penting bisa tetap sekolah. Setiap hari jalan empat kilo ke SLB," ujarnya.

Secara fisik dan komunikasi, menurut Suwadi, tidak ada yang aneh dengan Firman.

"Biasa saja, bicara juga lancar. Setiap hari juga biasa, main dengan teman-temannya," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang Jawa Tengah Sukaton Purtomo Priyatmo mengatakan, tidak ada bullying terhadap Firmansyah.

"Jadi memang dia pindah sekolah ke SLB sudah empat tahun, sejak kelas dua (sebelumnya disampaikan kejadian berlangsung dua tahun lalu)," paparnya.

Saat di SD negeri, Firman masuk tahun ajaran 2018/2019 dengan usia delapan tahun.

"Dia ternyata sulit adaptasi dan sulit menerima materi pelajaran, bahkan selama kelas satu tidak bisa menulis dan membaca. Karena kondisi tersebut, gurunya tidak memberi nilai terhadap siswa tersebut," ungkapnya.

"Orangtua lalu memilih pindah ke SLB, ternyata di sana malah lebih baik dan berkembang. Siswa sudah mau belajar membaca dan menulis, perkembangan bagus karena ada perhatian selama sekolah di SLB," jelasnya.

Menurut Sukaton, tidak ada bullying yang dialami Firmansyah.

"Teman-temannya hanya menyampaikan soal siswa tersebut yang tidak bisa baca tulis, sementara yang lain sudah bisa," ujarnya.

Sebelumnya, beredar sebuah video tentang anak yang dibully teman-teman di sekolahnya hingga harus pindah ke sekolah luar biasa (SLB).

Di video tersebut ada tulisan 'sangking sering dibulli temannya disekolah sampai pindah ke sekolah luar biasa (SLB)'.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/31/193551178/anaknya-pindah-dari-sd-ke-slb-suwadi-saya-bersyukur-diberi-tahu-kondisinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke