Salin Artikel

Menag Yaqut Sentil Pj Gubernur Soal Belum Selesainya Asrama Haji Banten

SERANG, KOMPAS.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyentil Pj Gubernur Banten Al Muktabar soal belum selesainya pembangunan asrama haji Banten.

Hal ini dikatakan Yaqut saat memberikan sambutan usai monitoring sistem seleksi elektronik ujian masuk perguruan tinggi keagamaan islam negeri (SSE UMPTKIN) tahun 2023 di Kampus UIN Banten, Selasa (30/5/2023).

Saat ini, pembangunan asrama haji yang berada di Jalan KH Hasyim Ashari, Kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang belum dilengkapi fasilitas pendukung seperti akses jalan dan masjid.

"Namanya sudah mencerminkan prestasinya dia itu orang yang terhormat, yang terkenal, begitu kira-kira. Akan lebih terkenal lagi, kalau jalan Asrama Haji segera selesai, masjid juga selesai, pasti lebih terhormat," kata Yaqut dihadapan Al Muktabar.

Menurut Yaqut, nama yang diberikan oleh orang tua Pj Gubernur Banten mengandung doa dan harapan.

Namun, doa yang paling dekat terwujud yakni menyelesaikan pembangunan asrama haji Banten sehingga dapat digunakan dan dimanfaatkan masyarakat.

"Doanya begitu, kira-kira doa yang paling dekat diwujudkan masjid di Asrama Haji dan jalan menuju Asrama Haji," ujar dia.

Namun, untuk pembangunan masjid didalam lingkungan Asrama Haji, Yaqut mengaku akan membantu emprov Banten merealisasikannya.

"Masjid akan kita bantu bersama-sama," kata Yaqut.

Menanggapi hal itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengaku akan menindaklanjutinya dengan memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menyelesaikannya.

Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkot Tangerang terkait permasalahan tersebut

"Makannya kita diskusi dengan pak Menteri terkait dengan itu, beberapa hal teknis nanti kita bahas, karena itu pembahasan teknis," kata Al Muktabar.

Sebagai informasi, sejak menjadi provinsi pada 4 Oktober 2000, Banten belum memiliki asrama haji sendiri.

Hingga saat ini, masyarakat Banten yang akan berangkat dan pulang dari ibadah haji harus menggunakan asrama haji di Pondok Gede, Jakarta Timur.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/30/164054878/menag-yaqut-sentil-pj-gubernur-soal-belum-selesainya-asrama-haji-banten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke