Salin Artikel

Motif Suyono Mutilasi Temannya karena Sakit Hati, Gemetar Saat Potong Tubuh Korban

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Suyono (50), warga Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, nekat menghabisi nyawa temannya sendiri, Rohmadi (51) dan memutilasi tubuhnya hingga beberapa bagian.

Aksi sadis pelaku itu dilatarbelakangi karena sakit hati.

Suyono yang telah ditetapkan sebagai pelaku pembunuhan berencana oleh polisi ingin menguasai harta korban termasuk sepeda motor.

"Saya sakit hati (pada korban)," ucap Suyono, dalam konferensi pers tindak pidana pembunuhan berencana disertai mutilasi di Mapolres Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (30/5/2023).

Suyono telah merencanakan perbuatannya membunuh korhan.

Ia mempersiapkan pipa besi berbentuk bulat dengan panjang 70 sentimeter dengan diameter 5 sentimeter disimpan di dalam kamarnya.

Suyono membunuh korban di rumahnya pada Jumat (19/5/2023) pukul 01.00 WIB dengan memukul korban menggunakan pipa besi yang telah disiapkan sebanyak tiga kali.

Setelah dipastikan tewas, Suyono memutilasi tubuh korban menjadi beberapa bagian.

Mayat korban sempat didiamkan selama satu jam kemudian dimutilasi.

"Saya waktu habis kejadian jam 1 lebih 10 menit saya pukul dia meninggal. Saya diamkan selama satu jam. Saya bingung," kata dia.

Suyono mengaku gemetar saat memutilasi tubuh korban menjadi beberapa bagian.

Alasan dirinya memutilasi tubuh korban karena tidak bisa membawa mayat korban.

"Saya gemetar saat memotong tubuh korban. Sebenarnya saya hanya ingin membunuh saja tidak ingin memotong (mutilasi). Karena saya tidak bisa membawa mayat itu karena plastiknya hanya 1 meter. Satu kantong plastik tidak bisa membawa mayat itu," ungkap pria yang sehari-hari bekerja sebagai kuli bangunan.

Akhirnya, pelaku meminjam pisau pemotong daging tetangganya yang berjualan sate kambing untuk memutilasi tubuh korban menjadi beberapa bagian.

Tubuh korban yang telah dipotong-potong dibuang di beberapa titik aliran anak Sungai Bengawan Solo.

Pelaku sengaja membuang potongan tubuh korban ke aliran anak Sungai Bengawan Solo dengan tujuan agar tidak diketahui oleh orang lain.


Adapun lokasi pembuangan potongan tubuh korban tersebut di antaranya di jembatan Ngasinan Kwarasan Grogol yaitu pakaian korban, jembatan Nglebak Kusumodilagan Pasar Kliwon Solo berupa potongan kepala korban.

Kemudian sungai Pringgolayan Cemani, Grogol, Sukoharjo berupa potongan pangkal lutut kanan, pangkal lutut kiri, serta potongan tubuh pinggang korban dan jembatan Ngruki Cemani berupa potongan pangkal bahu kanan sampai tangan kanan, potongan pangkal bahu kiri sampai tangan kiri, potongan pinggang ke atas sampai dengan pangkal leher serta batal yang terdapat bercak darah korban.

"Saya buang (potongan tubuh korban) ke beberapa tempat biar tidak ketahuan gitu. Saya buang satu aliran (sungai)," terang dia.

Sebelumnya diberitakan, polisi menangkap pelaku pembunuhan disertai mutilasi terhadap Rohmadi alias Madun Bin Ratiman (51), yang mayatnya dibuang di aliran anak Sungai Bengawan Solo.

Pelaku adalah Suyono alias Yono alias Bang Yos Bin Sunarto (50), yang tak lain teman korban. Pelaku warga Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah.

Pelaku ditangkap di tempat pemakaman umum di Dukuh Widororejo, Desa Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo pada Minggu (28/5/2023) pukul 13.00 WIB.

Polisi terpaksa melumpuhkan kedua kaki pelaku dengan timah panas karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, motif pelaku menghabisi nyawa korban dan memutilasi karena dendam dan ingin menguasai harta milik korban berupa sepeda motor.

Pelaku menghabisi korban dengan cara memukul kepala korban sebanyak tiga kali menggunakan potongan besi hingga tewas. Korban kemudian dimutilasi oleh pelaku menjadi beberapa bagian.

"Motif yang bersangkutan dari hasil pemeriksaan saksi, kemudian ditemukannya alat bukti bahwa motif pelaku, satu sakit hati yang kedua merasa kesal kemudian melakukan tindakan pembunuhan," kata Lutfhi, dalam konferensi pers tindak pidana pembunuhan berencana disertai mutilasi di Mapolres Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (30/5/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/05/30/134420878/motif-suyono-mutilasi-temannya-karena-sakit-hati-gemetar-saat-potong-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke