Salin Artikel

Kronologi Bus Dinsos Angkut Rombongan WKI Kecelakaan hingga 3 Orang Tewas

MANADO, KOMPAS.com - Bus pengangkut rombongan wanita kaum ibu (WKI) asal Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), mengalami kecelakaan di ruas jalan Sonder dan Leilem, Minahasa, Sulut, Jumat (26/5/2023).

Bus pelat merah dengan nomor polisi DB 7027 C milik Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, itu mengangkut 23 penumpang, sudah termasuk sopir.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan tiga orang meninggal, dua orang luka berat, dan luka ringan enam orang.

Kasat Lantas Polres Tomohon Iptu Nicky N Pondalos mengatakan, bus mengangkut rombongan WKI dari Jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Kanaan Winenet, Bitung untuk menghadiri Hari Persatuan (Hapsa) WKI di Tombatu, Minahasa Tenggara.

"Pada saat di jalan antara Desa Sonder dan Desa Leilem, kendaraan yang dikendarai oleh Jekston Sidamo, ban kirinya jatuh di aspal sebelah kiri tepat di tikungan kiri pertama," kata Nicky.

Pengemudi bus berusaha mengendalikan kendaraan dengan menaikan roda depan di aspal kembali.

"Namun, kendaraan tersebut langsung oleng sehingga pengemudi tidak dapat lagi mengendalikan kendaraan tersebut sehingga langsung terbalik arah kanan dan tergelincir," ujar dia.

Saat itu, dari arah berlawanan juga datang kendaraan Toyota Avanza sehingga terjadi benturan dengan mini bus tersebut.

"Benturan dengan Avanza ketika bus tersebut sudah terbalik sebelah kanan dulu. Akibat daripada itu penumpang yang meninggal dunia tiga orang, luka berat dua orang, dan luka ringan enam orang," sebut Nicky.

"Dengan identitas yang meninggal dunia, Corneles Sambelorang, Welmina Masahengke, dan Ade Laromeng. Itu informasi awal yang kami temukan tempat kejadian perkara (TKP) dan di Rumah Sakit GMIM Sonder," tambah dia.

Diketahui, sopir yang mengendarai bus tersebut merupakan tenaga kontrak di Dinsos Bitung.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/26/122859378/kronologi-bus-dinsos-angkut-rombongan-wki-kecelakaan-hingga-3-orang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke