Salin Artikel

Anies Baswedan ke Ponpes Nurul Huda Sragen, Singgung Kepemimpinan untuk Santri

Kedatangan Anies ke pesantren yang didirikan oleh KH Syarif Hidayatullah, pada Selasa (23/5/2023) siang, disambut ratusan santri.

Selama berkunjung, Anies menyempatkan bertemu dan menyapa para santri dan sempat melakukan pertemuan dengan Abah Syarif, sapaan akrabnya.

"Mampir ke ponpes Nurul Huda, silaturahmi dengan Abah Syarif. Kemudian juga menyaksikan kepemimpinan luar biasa dari beliau," kata Anies Baswedan, setelah kunjungan, Selasa.

Anies, dalam momen ini, juga menyampaikan sejumlah arahan atau mencontohkan untuk belajar melakukan kepimpinan yang digaungkan oleh Abah Syarif.

"Tadi saya sampaikan pada santri, para santri semua bisa belajar keteladanan pemimpin dari Abah Syarif yang bisa mengelola tempat ini dengan penuh kreativitas," katanya.

Seperti diketahui, Pesantren ini bergerak dalam bidang keagamaan dan bisnis kewirausahaan di dalamnya, mulai mendirikan sarana ibadah, kegiatan pondok, menyelenggarakan lembaga pendidikan formal hingga hafidz Al-Qur’an.

Pemahaman keagaamaan, hingga menyelenggarakan kegiatan bisnis dan kewirausahaan dalam bidang pertanian, perdagangan, pertambangan, transportasi, rumah makan, dan perkebunaan.

"Memanfaatkan semua sumber daya yang ada, sebagai sumber belajar sehingga proses pendidikannya itu komprehensif. Jadi ini adalah salah satu contoh yg baik sekali untuk dijadikan rujukan-rujukan tempat lain," paparnya.

Disinggung soal apakah adanya wejangan khusus untuk menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, dari Abah Syarif. Anies mengakui adanya wejangan tersebut.

Akan tetapi, Anies tidak mau menjabarkannya karena sifatnya pribadi untuk dirinya. "(Wejangan Abah Syarif), iya, pribadi semuanya," singkatnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/23/131930378/anies-baswedan-ke-ponpes-nurul-huda-sragen-singgung-kepemimpinan-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke