Salin Artikel

Pemprov Jabar Kirim 8 Unit Bandros untuk Konvoi Atlet SEA Games

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajukan untuk meminjam Bandros pada Kamis (18/6/2023) sore. 

"Jadi kemarin sore kita baru mendapatkan informasi Kemenpora membutuhkan maka sore itu juga kita koordinasi dengan kabupaten kota terdekat. Alhamdulillah akhirnya dapat dan langsung diberangkatkan tadi malam dikawal oleh Dishub sampai ke Jakarta," kata Benny saat dikonfirmasi lewat telepon seluler, Jumat (19/5/2023).

Benny mengatakan, delapan unit Bandros itu berasal dari Kota Bandung (5 unit), Kota Cimahi (2 unit) dan dari Pemprov Jabar (1 unit).

"Jadi alhamdulillah kemarin bisa memfasilitasi delapan bandros untuk Kemenpora. Ini di luar Bodetabek, kabarnya Bodetabek menyiapkan tapi itu di luar koordinasi kami. Jadi kami menyiapkan lima unit dari Kota Bandung, dua unit dari Kota Cimahi dan satu unit dari Pemprov," tuturnya.

Benny pun menyambut baik permintaan Kemenpora yang ingin menggunakan Bandros bagi para atlet Sea Games.

Apalagi Bandros merupakan ikon bus wisata di Jawa Barat yang didesain oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Ini bagian dari partisipasi Jabar terhadap dukungan kepada pemerintah pusat untuk kegiatan pawai kemenangan di SEA Games. Ini produk Pak Ridwan Kamil saat beliau jadi Wali Kota Bandung, membuat bandros untuk wisatawan keliling Bandung dan direplikasi dibagikan ke sejumlah daerah saat beliau menjadi gubernur. Dan ini jadi ikon kendaraan pariwisata di Jawa Barat," paparnya.

Menurut Benny, penggunaan Bandros untuk konvoi atlet SEA Games jadi bagian promosi. Sebab, bus wisata semacam itu hanya ada di Jawa Barat.

"Ya bagi kami ini merupakan bagian dari promosi event nasional karena kendaraan tersebut jadi contoh kendaraan wisata yang salah satu fungsinya mengajak masyarakat keliling kota melihat potensi pariwisata di kabupaten kota. Di Bandung banyak dipakai untuk keliling museum, tempat bersejarah, lokasi favorit demikian pula di daerah lain mengantar wisatawan berkeliling dengan biaya murah," jelasnya.


Bandros merupakan bus wisata yang diluncurkan oleh Ridwan Kamil saat menjadi Wali Kota Bandung.

Bandros juga pernah digunakan untuk event lain seperti promosi film, konvoi Persib juara Piala Presiden pada 2015, bahkan pebalap Moto GP Marc Marquez juga pernah mencoba bus wisata tersebut.

Seperti diberitakan, kontingen Indonesia di SEA Games 2023 saat ini sedang bersiap untuk memulai arak-arakan Kirab Juara SEA Games 2023.

Bus dari Timnas U22 Indonesia saat ini sudah sampai di area Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, untuk mengikuti agenda arak-arakan dan kirab juara usai mengamankan medali emas SEA Games 2023.

Rencananya, Kirab Juara SEA Games 2023 akan dimulai dari Gedung Kemenpora dan kemudian berlanjut mengelilingi pusat kota Jakarta.

Kirab Juara SEA Games 2023 sendiri akan berakhir di area Gelora Bung Karno, Senayan.

Sebelumnya, arak-arakan ini ditujukan secara eksklusif untuk Timnas U22 karena prestasi meraih medali emas SEA Games 2023.

Namun, menurut perkembangan terbaru, arak-arakan ini juga ditujukan untuk atlet dari cabang olahraga lain untuk merayakan prestasi atlet Indonesia dalam ajang SEA Games 2023.

Indonesia sendiri meraih medali emas dari beberapa cabang, seperti Bulu Tangkis dan Sepak Bola.

Indonesia berada di peringkat 3 klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2023 dengan raihan 87 medali emas, 80 perak dan 109 perunggu.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/19/153556178/pemprov-jabar-kirim-8-unit-bandros-untuk-konvoi-atlet-sea-games

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke