Salin Artikel

Bandara Kertajati Mulai Layani Penerbangan Haji pada 23 Mei 2023, Mayoritas Jemaah dari Pantura

KOMPAS.com - Vice President Corporate Secretary PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Dian Nurrachman akan memulai pemberangkatan jemaah haji dari Bandara Kertajati pada 28 Mei 2023.

Hal itu diungkapkan Dian saat diskusi persiapan pemberangkatan jemaah haji di Hotel Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/5/2023) kemarin.

"Penerbangan perdana dilaksanakan tanggal 28 Mei 2023, jamaah hadir sehari sebelumnya di Asrama Haji Indramayu. Sampai debarkasi di hari terakahir pada 1 dan 2 Agustus," katanya. 

Ia menuturkan, ada 20 kloter jemaah yang akan diberangkatkan dari Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Menurutnya, mayoritas calon jemaah haji berasal dari wilayah Pantai Utara (pantura) Jabar dengan total sekitar 8.000 jemaah.


"Sebanyak 8.000-an calon jamaah haji asal dari Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang dan Sumedang akan diberangkatkan langsung dari Bandara Kertajati.

Namun, ada hal yang berbeda antara Bandara Kertajati dengan embarkasi lain dari segi administrasi, yakni tidak diberlakukannya sistem fast track (layanan jalur cepat keimigrasian) di bandara atau embarkasi.

"Jadi kalau di embarkasi Bekasi itu ada fast track, nah di Kertajati tidak ada fast track. Jadi seperti layanan saat umrah saja," kata dia.

Salah satu yang perlu diantisipasi, kata Dian, jumlah pengatar jemaah yang ia prediksi akan membludak. Dengan tingginya animo warga, ia memprediksi akan banyak pedagang kaki lima (PKL) yang memadati area sekitar bandara.

"Catatan dari Pemprov Jabar jadi perhatian kami yakni soal toilet protable. Kita menghitung rasio satu jamaah umumnya diantar empat orang, Nah, kalau di (Kertajati) karena di daerah kemungkinan satu mobil pikap ibaratnya begitu," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2023/05/17/160000578/bandara-kertajati-mulai-layani-penerbangan-haji-pada-23-mei-2023-mayoritas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke