Salin Artikel

Rabies Makan Korban Jiwa, Bupati Sikka: Ini Sudah Luar Biasa

SIKKA, KOMPAS.com - Bupati Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiskus Roberto Diogo menyebut, kasus rabies yang terjadi di wilayahnya telah masuk fase luar biasa.

Hal itu diungkapkan Robi Idong, sapaan Fransiskus Roberto Diogo, saat memantau pelaksanaan vaksinasi anjing di Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, pada Jumat (12/5/2023).

Sebelumnya, S (4), bocah asal Desa Habi, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, meninggal dunia diduga akibat digigit anjing rabies. Ia meninggal saat sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tc. Hillers Maumere pada Senin (8/5/2023).

"Kalau ada manusia meninggal karena rabies, itu sudah masuk kategori luar biasa," ujar politisi PDI-Perjuangan ini.

Atas kondisi itu, lanjutnya, pemerintah telah melakukan rapat koordinasi dan mendapat dukungan dari pemerintah pusat berupa bantuan vaksin hewan penular rabies (HPR) sebanyak 2.520 dosis.

Selanjutnya, tim teknis Pemkab Sikka melaksanakan vaksinasi massal di beberapa wilayah kecamatan yang terdapat kasus rabies, termasuk Alok Timur.

"Mulai hari ini kita lakukan aksi vaksinasi di beberapa wilayah, yang pertama kita lakukan itu adalah lokalisir. Jadi dari daerah sekitar tempat kejadian kita lakukan vaksinasi," ujarnya.

Robi Idong menargetkan, persentase anjing yang harus diberi vaksin, khususnya di wilayah yang dinyatakan sebagai wilayah endemis rabies, minimal 70 persen. Tujuannya untuk mencegah meluasnya penyebaran rabies.

"Selanjutnya kita memperluas ke kecamatan-kecamatan lain," katanya.

Kendati demikian, Robi Idong belum mendapat data pasti terkait jumlah kasus gigitan anjing selama 2023. Apalagi, populasi anjing di Sikka mencapai 55.000 ekor.

"Saya yakin masih banyak kasus gigitan tetapi masyarakat belum melaporkan ke dinas terkait. Sehingga mulai hari ini kita lebih mendalam untuk melakukan penanganan," imbuhnya.

Robi Idong mengimbau agar warga yang memiliki anjing segera divaksin demi kebaikan bersama.

Menurutnya, meski anjing adalah hewan yang paling dekat dengan manusia, namun bisa juga menjadi sumber virus yang bisa menyebabkan kematian pada manusia.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/12/192156378/rabies-makan-korban-jiwa-bupati-sikka-ini-sudah-luar-biasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke