Salin Artikel

Terima Aduan Warga, Ganjar Cek Langsung Jalan Rusak di Cilacap

Hal itu dilakukan di sela kunjungan kerja karena ada aduan warga setempat melalui kanal LaporGub, yang mengeluhkan kerusakan jalan di desanya.

Berbagai keluhan langsung disampaikan warga saat mengetahui kedatangan orang nomor 1 di Jateng ini. Ganjar menjawab satu per satu keluhan warga.

Namun setelah dicek, jalan tersebut bukan merupakan jalan provinsi yang menjadi kewenangan gubernur, melainkan jalan desa.

Ganjar lantas memanggil Kepala Desa Bulupayung, Ripan. Ripan menjelaskan, telah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan Jalan Kamboja.

"Sudah kami anggarkan Pak Rp 80 juta, tapi baru bisa dikerjakan bulan Juni nanti," kata Ripan kepada Ganjar.

Ripan mengatakan, perbaikan akan menggunakan dana desa. Namun karena proses administrasi, maka perbaikan baru bisa dilakukan bulan Juni.

Merespons jawaban kades, Ganjar meminta agar perbaikan jalan tersebut dapat dipercepat.

"Kiye dirungakna (ini didengarkan), Pak Kades wis ngomong arep didandani (sudah menyampaikan akan diperbaiki) bulan Juni," kata Ganjar kepada para warga.

"Bisa dipercepat enggak Pak, Mei ini dikerjakan. Nanti urusan administrasinya biar dibantu Bu Bupati," lanjut Ganjar.

Ganjar juga menyarankan pemerintah desa agar memasang tulisan atau pengumunan rencana perbaikan jalan tersebut, sehingga warga tidak bertanya-tanya.

Ganjar mengatakan, sengaja datang ke desa tersebut untuk menindaklanjuti laporan jalan rusak warga. Namun jalan yang dilaporkan merupakan jalan desa.

"Pak Kades sudah menjelaskan, sudah disiapkan pembangunannya pada bulan Juni, karena sesuai penggunaan, dana desa itu memang bertahap," jelas Ganjar.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/12/134849178/terima-aduan-warga-ganjar-cek-langsung-jalan-rusak-di-cilacap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke