Salin Artikel

Buntut 6 Tahanan Polres Tapin Kalsel Kabur, Wakapolres dan Kapolres Bakal Diperiksa Bidang Propam

Pemeriksaan itu dilakukan buntut kaburnya 6 tahanan Polres Tapin beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Propam Polda Kalsel Kombes Jaka Suprihanta mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui apakah ada unsur kelalaian petugas.

"Pemeriksaan atas adanya unsur kelalaian sehingga mengakibatkan tahanan kabur," ujar Jaka Suprihanta dalam keterangannya yang diterima, Kamis (11/5/2023) malam.

Jaka memastikan jika pemeriksaan dilakukan tak hanya kepada petugas piket yang berjaga pada waktu itu, namun juga kepada Wakapolres dan Kapolres Tapin.

Jaka bahkan membeberkan waktu pemeriksaan terhadap Kapolres yang akan segera dilakukan minggu ini.

"Tak hanya dilakukan terhadap dua petugas piket saat kejadian, namun sampai Wakapolres juga menjadi terperiksa, kalau Kapolres rencana minggu-minggu ini diperiksa," bebernya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 6 tahanan Polres Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) kabur pada, Minggu (23/4/2023) dini hari.

Keenamnya kabur dengan cara menjebol plafon pada sel tahanan yang tanpa teralis kemudian keluar Polres dengan memanjat pagar.

Aksi mereka kabur sempat terekam kamera pengawas CCTV dengan durasi 41 detik. Seluruh tahanan yang kabur merupakan tahanan kasus narkoba.

Dua hari setelah kabur, 5 tahanan berhasil ditangkap saat bersembunyi di hutan.

Mereka terpaksa keluar hutan karena kehausan dan kelaparan setelah bersembunyi selama dua hari.

Setelah penangkapan, satu tahanan meninggal dunia saat dalam perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Sanggul Rantau, Tapin.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/12/063032278/buntut-6-tahanan-polres-tapin-kalsel-kabur-wakapolres-dan-kapolres-bakal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke