Salin Artikel

Orang Luar Negeri Ternyata Mengenal Kabupaten Kebumen sebagai Tempat Uji Coba Senjata

Kepala Laboratorium Dislitbang TNI AD, Kolonel Arh Saptarendra Prasada mengatakan, Kebumen menjadi tempat utama dilakukannya sertifikasi uji coba senjata dan kendaraan setelah Bandung.

"Makanya orang-orang luar negeri seperti Amerika, Prancis, Inggris, tahunya itu Kebumen dikenal baik oleh pabrik pembuat senjata," kata Rendra dikutip dari pers rilis Pemda Kebumen, Kamis (11/5/2023).

Menurut Rendra, uji coba ini sebagai syarat utama bagi TNI sebelum melakukan pengadaan barang alat utama sistem senjata tentara (Alutsista).

"Jadi sebelum kita melakukan pengadaan barang alutsista itu harus dilakukan tahap seleksi dengan melalukan uji coba. Kalau dalam proses uji ini barang tidak memenuhi syarat, maka kita tidak jadi membeli atau pengadaan," ujar Rendra.

Meriam 155 caesar merupakan buatan Prancis. Sedangkan amunisinya buatan Spanyol. Ada 45 butir yang diujicobakan dalam proses seleksi ini.

Meriam 155 Caesar mampu menghancurkan daya ledak 1.000 meter persegi dengan daya jelajah 40 kilometer.

Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, pemerintah terus membangun sinergi dengan TNI dan masyarakat.

"Hal ini terlihat banyak tanah milik TNI di pesisir selatan yang dikelola masyarakat untuk pertanian dan pariwisata. Seperti di Setrojenar ini, sinergi TNI dengan masyarakat sekitar sangat baik, sehingga pemerintah pun turut serta memberikan dukungan," kata Arif.

Arif mengatakan, TNI juga kerap membantu masyarakat secara riil. Untuk itu, pemerintah tentu juga mendukung, terlebih sertifikasi senjata dan kendaraan TNI itu di Kebumen.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/11/193555978/orang-luar-negeri-ternyata-mengenal-kabupaten-kebumen-sebagai-tempat-uji

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke