Salin Artikel

Tinggal Sebatang Kara, Kakek di Palembang Sakit Paru-paru dan Rumah Penuh Sampah

KOMPAS.com - Video seorang pria lanjut usia (lansia) di Kota Palembang, Sumatera Selatan, yang hidup sebatang kara dengan rumah penuh tumpukan sampah jadi viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram @undercover.id itu dijelaskan bahwa lansia tersebut bernama Abdul Roni (70) dan menderita sakit paru-paru.

Dari penelusuran Kompas.com, Abdul yang akrab disapa Wak Kencot itu merupakan warga di kawsan rumah susun (rusun) Blok 4, RT 08 Kelurahan 23 Ilir.

“Untuk saat ini kondisinya sudah mulai membaik tapi memang masih harus dirawat karena memang faktor usia, menurut dokter juga mengalami sakit paru-paru,” kata Camat Bukit Kecil Alex, saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/5/2023).

Anak meninggal

Menurut Alex, Abdul mengaku memiliki seorang anak. Namun, anaknya itu telah meninggal beberapa lalu dan sejak itu Abdul tinggal seorang diri.

Para tetangga pun setiap harinya membantu Abdul dengan memberinya makan.


“Wak kencot ini kesehariannya makan diberi tetangga, atau orang yang simpati untuk bertahan hidup. Karena kondisinya yang sudah lansia dia tidak dapat bekerja,”ujar Alex.

Dibawa ke rumah sakit

Usai mendapat informasi itu, pihak kecamatan segera membawa Abdul ke rumah sakit untuk mengobati sakit yang dideritanya.

Lalu karena tak menemukan satu identitas, petugas juga membuatkan Abdul KK, KTP serta Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Alex pun memastikan, biaya perawatan Abdul akan ditanggung pemerintah hingga pulih.

Sementara itu, pihaknya berencana akan merujuk Abdul ke panti jompo agar dapat dirawat dengan baik.

“Karena keluarga beliau tidak ada maka akan rujuk ke panti jompo saat sehat,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/08/191945678/tinggal-sebatang-kara-kakek-di-palembang-sakit-paru-paru-dan-rumah-penuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke