Salin Artikel

Mulai Tahun Ini Ijazah PAUD Jadi Syarat Masuk SD di Semarang

SEMARANG, KOMPAS.com - Ijazah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan dijadikan syarat untuk masuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mulai tahun ajaran 2023. 

Sub Koordinator Kurikulum Paud dan PNF Disdik Kota Semarang, Rifki Nugroho mengatakan, melalui syarat tersebut para siswa diharapkan sudah mempunyai bekal  seperti pendidikan karakter. 

"Semua calon peserta didik sebelum memasuki SD harus memiliki ijazah PAUD," jelasnya saat dikonfirmasi, Jumat (5/5/2023).

Dia menjelaskan, pendidikan PAUD memiliki empat jenis kelembagaan seperti PAUD formal yaitu Taman Kanak-Kanak atau TK dan PAUD Non Formal. 

"PAUD Formal terdiri dari Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB),dan Satuan PAUD sejenis," kata dia. 

Menurutnya, anak usia 5 sampai 6 tahun sudah diperbolehkan masuk ke sekolah PAUD. Saat ini sekolah PAUD di Kota Semarang juga banyak pilihannya. 

"Pendidikan PAUD penting karena mendapat bekal ilmu tentang beretika dalam kehidupan sehari-hari sesuai mengamalkan Pancasila," ujarnya. 

Salah satu warga Ngaliyan, Kota Semarang, Heni mendukung peraturan tersebut. Menurutnya, pendidikan di PAUD penting karena mengajarkan soal kegiatan sehari-hari. 

"Saya mendukung karena memang penting," kata dia. 

Sementara itu warga Kota Semarang yang lain, Priyatno juga mengatakan yang sama. Namun, ada beberapa hal yang menurutnya harus diperbaiki.

"Ya salah satunya biaya ya. Kalau bisa gratis. Selain itu kualitas juga harus diperbaiki," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/05/163559778/mulai-tahun-ini-ijazah-paud-jadi-syarat-masuk-sd-di-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke