Salin Artikel

Warga Pedalaman Sikka Keluhkan Ketiadaan Jaringan Listrik, PLN: Sudah Kami Usulkan di 2024

SIKKA, KOMPAS.com - Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Flores Bagian Timur, Agung Wibowo menanggapi keluhan warga kampung Borablupur di Dusun Klotong, Desa Bura Bekor, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Warga kampung yang dihuni 58 kepala keluarga (KK) dengan total populasi 177 orang ini hidup tanpa penerangan listrik.

Agung mengatakan telah mengusulkan pembangunan jaringan listrik ke kampung itu. Rencananya, akan dikerjakan tahun depan.

"Jaringan listrik sudah kami usulkan ke anggaran 2024," ujar Agung saat dihubungi, Rabu (5/4/2023).

Selain itu, lanjut Agung, PLN telah menemui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat untuk membahas terkait ketiadan jaringan listrik menuju Borablupur.

Untuk sementara waktu, warga di kampung akan menggunakan tabung listrik (talis) sebagai penerangan.

"Untuk kampung tersebut kemarin sudah ada pembahasan dengan DPRD. Kalau dibutuhkan tahun ini bisa menggunakan talis," ucapnya.

Sebelumnya, warga Kampung Borablupur mengeluhkan ketiadaan listrik. Setiap malam mereka hanya mengandalkan lampu minyak tanah untuk peneragan. Sementara, beberapa rumah menggunakan lampu super ekstra hemat energi (Sehen). Namun, lampu tersebut hanya bisa dipakai saat cuaca cerah karena sumber listriknya berasal dari tenaga surya atau matahari.

Ketiadaan jaringan listrik juga membuat siswa sulit belajar saat malam hari. Bahkan, mereka harus mendekatkan diri ke sumber cahaya agar bisa membaca dan menulis.

Penjabat Kepala Desa Bura Bekor Nolastus mengatakan telah melaporkan ketiadaan jaringan listrik di Kampung Borablupur ke intansi terkait. Menurut informasi yang ia terima, proposal sudah dikirim ke PLN pusat.

"Memang benar sampai saat ini sebagian warga masih menggunakan lampu minyak tanah karena lampu sehen bantuan yang selama ini digunakan warga sudah rusak. Informasinya proposal sudah kirim ke pusat," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/03/193624678/warga-pedalaman-sikka-keluhkan-ketiadaan-jaringan-listrik-pln-sudah-kami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke