Salin Artikel

Viral, Video Terduga Pelaku Penyerangan Fasilitas Polisi di Makassar Mengaku Dibayar Rp 250.000, Ini Kata Polisi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Jagat maya dihebohkan dengan beredarnya video di berbagai platform media sosial (medsos) tentang seorang pria yang mengaku sebagai pelaku penyerangan beberapa titik fasilitas polisi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam video yang beredar, pria yang belum diketahui identitasnya itu mengaku bahwa dirinya diajak melakukan penyerangan oleh seseorang bernama Amal melalui sebuah akun Instagram.

Ia juga menyebutkan bahwa peran pria bernama Amal ialah sebagai koordinator aksi penyerangan fasilitas polisi di beberapa titik di Kota Makassar.

"Amal itu pelemparlah, koordinator. Maksudnya dia yang komunikasi kan," ucap pria itu, saat ditanyai beberapa pria yang diduga polisi dalam video yang beredar.

Selain itu, pria itu juga mengaku bahwa sebelum melakukan penyerangan, dirinya terlebih dahulu menerima uang senilai Rp 250.000 sebagai upah.

"Dikasih uang dulu, mau jam 11 (saya dikasih uang). Dikasih kumpul Ki (kami dikumpulkan) dulu di samping pertamina (SPBU) Racing. Satu orang Rp 250.000. Yang kasih saya, Amal," bebernya.

Beberapa pria yang merekam pengakuan terduga pelaku ini juga sempat mempertanyakan perannya dalam aksi penyerangan.

"Kau terlibat pembakaran pos Lantas di mana?" tanya pria dalam video.

"Yang di Alauddin sama yang dekat Polres Pelabuhan, yang di Fly Over pelemparan," jawab dia.

Menanggapi perihal video viral itu, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Komang Suartana mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait pengakuan pria misterius tersebut.

"Masih dilidik (diselidiki) kebenarannya dari omongan orang ini, kami TNI-POLRI tetap solid," kata Komang, kepada Kompas.com saat dikonfirmasi, pada Rabu (3/5/2023).


Komang juga membantah perihal adanya pelaku penyerangan beberapa titik fasilitas polisi di Kota Makassar yang diamankan polisi.

"Enggak ada (Tidak ada)," ujar dia.

Sekadar diketahui, orang tidak dikenal (OTK) menyerang sejumlah fasilitas milik polisi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Mobil hingga pos polisi lalu lintas (lantas) pun dibakar para OTK, Jumat (14/4/2023) dini hari.

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com, ada beberapa titik aksi perusakan yang dilakukan para OTK tersebut.

Dari beberapa video beredar para OTK ini menggunakan kendaraan roda dua, jumlahnya pun mencapai ratusan orang.

Ada pun aksi perusakan terjadi mulai dari Pos Lantas Pertigaan Jalan Alauddin-Pettarani, Pos Lantas dan Musala Presisi Fly Over, mobil tahanan yang terletak di depan Polres Pelabuhan Makassar, mobil patroli Polsek Soekarno-Hatta (Soeta) Polres Pelabuhan Makassar, dua mobil dinas Polri milik Polrestabes Makassar.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/03/111755778/viral-video-terduga-pelaku-penyerangan-fasilitas-polisi-di-makassar-mengaku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke