Salin Artikel

Sistem Ganjil Genap Puncak Bogor Diterapkan Sabtu Petang, Pelat Genap Akan Diputar Balik

BOGOR, KOMPAS.com - Sistem ganjil genap diterapkan di Simpang Gadog, Jalan Ciawi, pada Sabtu (29/4/2023) petang ini.

Tujuannya, untuk membatasi arus lalu lintas kendaraan yang menuju ke arah Puncak Bogor, Jawa barat.

Kebijakan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap ini diberlakukan usai diterapkannya rekayasa lalu lintas one way atau satu arah.

KBO Sat Lantas Polres Bogor Iptu Ardian Noviantasari mengatakan, kini situasi arus lalin kembali normal dua arah usai dilaksanakan penutupan kendaraan yang datang dari arah Tol atau arah Jakarta dan Ciawi.

Penutupan arus yang biasa disebut one way atau satu arah ini berlaku sejak siang hingga sore.

"Saat ini sudah kami normalkan dua arah. Kemudian arus kendaraan sudah terkirim ke atas (bisa melintas). Agar mengantisipasi terjadinya pelambungan-pelambungan, maka kita laksanakan pemeriksaan ganjil genap," ujar Ardian, Sabtu petang.

Menurut Ardian, pada akhir pekan ini pihaknya menerapkan ganjil genap untuk mengurangi kendaraan yang masuk ke Puncak Bogor. Hal itu dilakukan supaya tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalur wisata tersebut.

Kebijakan pembatasan mobilitas wisatawan ini berlaku untuk semua kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

"Iya untuk membatasi masuknya kendaraan yang akan menuju puncak. Jadi kita membagi arusnya (yang ganjil naik, yang genap diputarbalik)," ungkap dia.

Ardian menjelaskan, penentuan sistem ganjil genap tersebut merujuk pada angka terakhir nomor polisi kendaraan.

Petugas akan memeriksa tanda nomor kendaraan atau angka terakhir di pintu masuk GT Tol Ciawi atau Jalan Ciawi, Simpang Gadog.

"Kami melaksanakan ganjil genap sesuai dengan peraturan Permenhub Nomor PM 84 Tahun 2021 tentang Pengaturan Lalu Lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi-Puncak Nomor 074 dan Ruas Jalan Nasional Puncak-Batas Kota Cianjur Nomor 075," ujarnya.

Bagi kendaraan yang tidak sesuai dengan tanggal di kalendar ganjil saat ini, maka akan mendapatkan sanksi alias diputar balik oleh petugas.

"Jumlah kendaraan yang masuk untuk hari ini terpantau ada kurang lebih sekitar 30.000 kendaraan ke atas Puncak," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/29/184147178/sistem-ganjil-genap-puncak-bogor-diterapkan-sabtu-petang-pelat-genap-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke