Salin Artikel

Pemulung di Bogor Kedapatan Punya Cek Senilai Rp 1,3 Miliar, Dinsos: Katanya Warisan Soekarno

KOMPAS.com - Seorang wanita tunawisma berinisial T di Kota Bogor, Jawa Barat kedapatan memiliki tabungan uang tunai Rp 1.250.000, kertas cek dari bank senilai Rp 1,3 miliar dan sejumlah surat kendaraan bermotor.

Hal tersebut terungkap saat petugas Dinas Sosial ( Dinsos) Kota Bogor mengamankan dan memeriksa tunawisma yang tinggal di kolong jembatan Panaragan, Kota Bogor.

"Iya tadi pas setelah kita cek itu di dalam tasnya ada cek, ceknya nilainya Rp 1.350.000.000," kata Kabid Rehabsos Dinsos Kota Bogor, Dody Wahyudin dikutip dari TribunnewsBogor.com, Kamis.

Selain itu, petugas juga menemukan tabungan uang sebesar Rp 1.250.000 dan beberapa STNK motor.

Namun, pihaknya belum mengetahui secara pasti keabsahan cek dengan angka fantastis tersebut.

"Kita tidak bisa menyimpulkan cek itu aktif atau tidak. Kita belum melakukan validasi ke bank swasta tersebut," ujar dia.

Dia mengatakan, cek tersebut juga bukan atas nama tunawisma yang ditertibkan Dinsos tersebut. Melainkan atas nama warga yang berasal dari luar Bogor.

"Atas namanya bukan atas nama Bu Tini. Jadi kalau tadi kita lihat itu atas nama warga dari provinsi lain di luar Jawa Barat," kata dia.

Awal mula keberadaan di tangan tunawisma tersebut masih misteri.

Karena saat ditanyai petugas, tunawisma wanita ini tidak memberikan jawaban yang masuk akal.

"Ngomongnya gak nyambung, kadang katanya warisan Soekarno, kadang ah gak nyambung aja. Cek itu kalau saya sih cenderung kayaknya dari orang jatuh atau dompet segala macem, dia kan pemulung juga," kata dia.

Dia mengatakan, T sulit diajak berkomunikasi diduga karena mengalami gangguan jiwa.

Setelah diamankan Dinsos, dia diperiksa oleh psikolog kemudian dirujuk ke rumah sakit jiwa di Rumah Sakit Marzuki Mahdi.

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Gelandangan di Bogor Miliki Cek Rp 1,3 Miliar, Asal Cek Masih Misteri, Ngakunya Warisan Soekarno

https://regional.kompas.com/read/2023/04/27/195415278/pemulung-di-bogor-kedapatan-punya-cek-senilai-rp-13-miliar-dinsos-katanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke