Salin Artikel

Umat Lintas Agama Bantu Pelaksanaan Shalat Id di Banyumas

Para pendeta, biksu, serta biarawan dan biarawati serta unsur pemuda umat seperti Banser dan pemuda Kristen ini membantu menyeberangkan jalan hingga merapikan barang bawaan jemaah.

Imam sekaligus khatib shalat id, Faidus Sa’ad, dalam khotbahnya mengajak kepada umat Islam agar selalu bersyukur atas kondisi bangsa dan negara saat ini.

"Karena selama bulan Ramadhan kondisi tetap kondusif. Kerukunan umat senantiasa terjaga dengan baik. Walaupun berbeda pendapat, cara beribadah, maupun keyakinan, tetapi warga masyarakat tetap memiliki rasa toleransi, rukun saling membantu, untuk mewujudkan ketenteraman masyarakat," kata dia.

Dalam sambutannya, Yudha mengatakan, shalat Id ini tidak hanya dihadiri umat Islam, tetapi juga umat Kristen, Hindu, Buddha, Konghucu, dan kepercayaan yang tergabung dalam Forum Kerukunan Antar Umat Bergama (FKUB).

"Hal ini menunjukkan, kerukunan umat beragama tetap terjaga dengan baik", kata Yudha.

Yudha mengatakan, umat agama lain datang secara sukarela untuk membantu kelancaran pelaksanaan shalat Id.

"Momen Idul Fitri ini, kita jadikan sebagai wahana dan wujud toleransi kerukunan umat beragama, karena toleransi umat beragama merupakan kunci penting dalam suatu bangsa demi tetap tegak kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa," jelas Yudha.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/22/114236678/umat-lintas-agama-bantu-pelaksanaan-shalat-id-di-banyumas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke