Salin Artikel

Dalam 5 Hari Arus Mudik Lebaran, 152.771 Kendaraan Masuk ke Kawasan Puncak Bogor

BOGOR, KOMPAS.com - Pihak kepolisian mencatat, sebanyak 152.771 kendaraan masuk atau melintasi jalur kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, selama arus mudik Lebaran 2023.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi kendaraan yang masuk sejak H-5, Senin (17/4/2023) hingga malam takbiran atau Jumat (21/4/2023) pukul 20.00 WIB.

Pergerakan kendaraan dari para pemudik ini paling banyak datang dari arah Jakarta atau melalui GT Tol Ciawi dan Jalan Ciawi, Simpang Gadog.

"Untuk hari ini terpantau 12.392 kendaraan yang masuk ke Puncak Bogor. Artinya terjadi penurunan hari ini, karena mungkin sudah banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik atau persiapan untuk perjalanan esok harinya," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata kepada wartawan di pos pengamanan (pospam) mudik Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jumat malam.

Dicky memprediksi, akan terjadi peningkatan volume lalu lintas (lalin) kendaraan melintas untuk liburan.

Peningkatan volume kendaraan biasanya akan terjadi pada H+1 hingga H+10 lebaran.

Sebab, kondisi tersebut bertepatan dengan masyarakat melakukan liburan ke sejumlah tempat wisata di Puncak Bogor.

Kepadatan kendaraan akan terjadi mulai besok atau hari H Lebaran, Sabtu (22/4/2023).

"Mulai besok itu sudah bakal terjadi karena memang kawasan Puncak ini merupakan daerah perlintasan wisata, maka kami prediksi akan terjadi peningkatan setelah hari H Lebaran, daerah kita daerah wisata maka setelah hari H baru mulai masuk masyarakat yang ke kawasan puncak ini," ungkap dia.

Oleh karena itu, kata Dicky, pihaknya akan mengantisipasi perjalanan esok hari dengan menambah kekuatan personel sebagai upaya membantu pelaksanaan pengamanan di jalur wisata Puncak Bogor.

Selain itu, pihaknya bakal menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap hingga one way atau satu arah di sepanjang jalur wisata Puncak.

Jam operasional ganjil genap dilakukan lebih awal atau pagi mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Adapun jadwal pemberlakukan satu arah ini masih bisa berubah sesuai dengan kondisi arus lalu lintas (lalin) di lapangan.

"Skema sortir awal tetap dilaksanakan ganjil genap, jika masih juga membludak kami akan melaksanakan one way sebagai langkah terakhir," terang dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/21/220943978/dalam-5-hari-arus-mudik-lebaran-152771-kendaraan-masuk-ke-kawasan-puncak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke