Salin Artikel

Cerita Bahagia Pemudik Motor Naik Kapal Laut Gratis, Aman dan Nyaman

SEMARANG, KOMPAS.com- Senyum rekah terpancar dari wajah para pemudik yang tiba di dermaga Pelabuhan Tanjung Emas, Selasa (18/4/2023).

Berbondong-bondong mereka mengangkat kardus, tas ransel, dan bingkisan lain di tangan kanan dan kirinya.

Sebagian memilih menepi di bawah tenda putih yang sejuk, sedangkan yang lain menunggu urutan motor yang diturunkan dari kapal KM Dobonsolo di sepanjang area pelabuhan.

Suara musik dan nyanyian menyambut para pemudik yang baru berlabuh, setelah melakukan perjalanan sejak hari Senin pukul 16.00 WIB dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Salah satu peserta Mudik Gratis Naik Kapal Laut, Giyono, mengaku, sangat senang akhirnya bisa mudik saat momen Lebaran tahun ini.

Dirinya menyebut, adanya mudik gratis ini sangat membantu keselamatan para pemudik yang pulang ke kampung halaman menggunakan kendaraan bermotor.

"Sangat senang, sangat membantu untuk keselamatan pengendara. Yang diutamakan kan pengendara motor jarak jauh, karena berbahaya dan kurang aman. Makanya ada program ini saya senang sekali, sudah dua kali ikut," jelas Giyono kepada Kompas.com, Selasa (18/4/2023).

Menurut Giyono, perjalanan mudik menaiki KM Dobonsolo dari Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sangat aman dan nyaman.

Lantaran, dirinya mendapat fasilitas yang layak dan ketersediaan makanan yang terjamin.

Setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Giyono menyebut, akan melanjutkan perjalanannya menggunakan sepeda motor ke Salatiga.

"Ini saya mudik sama anak saja. Pulang ke rumah orangtua saya di Salatiga," ucap dia.

"Untuk ke depannya, semoga ada terus. Baik naik kapal laut atau bus kota, karena sangat membantu. Saya senang sekali," tutur dia.

Hal senada juga disampaikan oleh seorang pengojek yang merantau di Jakarta Utara, Warsito.

Dirinya menuturkan, akan pulang ke kampung halamannya di Purwodadi dengan membawakan sejumlah oleh-oleh untuk anak dan isterinya di rumah.

"Ini kardus-kardus isinya oleh-oleh untuk anak, ada astor, bakso, dan lain-lain. Komplit pokoknya untuk Lebaran," tutur Warsito.

Lebih jelas Warsito menuturkan, dirinya sangat senang bisa mengikuti mudik gratis naik kapal laut ini lantaran dapat menghemat pengeluaran mudik.

Selain itu, menurut Warsito, mudik dengan menggunakan KM Dobonsolo ini sangat aman, nyaman, dan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

"Sangat membantu masyarakat, daripada kita mudik pakai motor dari Jakarta, mending ikut naik kapal laut. Keamanannya bagus, makan dan minum terjamin," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/18/152815578/cerita-bahagia-pemudik-motor-naik-kapal-laut-gratis-aman-dan-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke