Salin Artikel

H-5 Lebaran, Pemudik Sepeda Motor Padati Jalur Pantura Brebes

Pantauan Kompas.com, di simpang pantura dan Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Brebes-Tegal tepatnya di Desa Klampok, Wanasari Brebes, pemudik motor dari arah Jawa Barat mendominasi jalur pantura Brebes, pada Senin (17/4/2023).

Sebagian besar mereka melewati pantura menuju Kota Brebes hingga ke arah Tegal dan Semarang. Sebagian lainnya ada yang memilih melalui Jalingkut Brebes-Tegal.

Di Jalingkut pemudik motor harus ekstra hati-hati karena harus beriringan dengan kendaraan besar seperti truk dan bus.

Kepadatan terlihat sejak pagi hingga menjelang sore hari. Kendaraan yang melewati Jembatan Sungai Pemali terlihat merayap karena jembatan sisi selatan digunakan untuk dua lajur berlawanan.

Sementara jembatan sisi utara ditutup total karena sedang dibangun ulang. Terlihat beberapa petugas yang berjaga di pos pengamanan mengatur arus lalu lintas.

Salah satu pemudik motor, Suradi mengaku berkendara dari Jakarta dengan tujuan Banjarnegara. Dia mengatakan langsung pulang ke kampung setelah mendapatkan libur kerja.

Dia mengungkapkan sepanjang perjalanan meski arus lalu lintas cukup padat, tapi masih lancar.

"Kondisi jalannya halus. Tidak seperti kemarin-kemarin yang banyak lubang," kata Suradi ditemui saat beristirahat di sebuah warung di Jalingkut Brebes-Tegal.

"Sejak tahun kemarin kalau pulang kampung selalu lewat sini," pungkas Suradi.

Sementara pemudik motor lain, Seviani yang mudik dari Jakarta tujuan Pemalang mengaku mudik lebih awal untuk menghindari kemacaten.

"Sepanjang perjalanan lancar, tapi tadi ada kemacetan sebentar di Bekasi," kata Seviani yang mengaku memilih melalui jalan pantura Brebes hingga tembus ke Kota Tegal.

Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq mengatakan, dalam arus mudik dan balik kali ini pihaknya mendirikan 20 Pos pengamanan (Pospam).

Rinciannya 1 Pos Terpadu di Gate Tol Pejagan, 10 Pospam dan 3 Pos pelayanan disepanjang jalur mudik, dan 6 Pospam Objek Wisata.

"Ada 20 pos yang kami dirikan. Dimana pos tersebut untuk memberikan pelayanan dan pengaman kepada pemudik baik yang melalui jalur tol, jalur arteri Pantura maupun pospam di obyek wisata," katanya.

Guntur mengungkapkan sebanyak 390 personel Polres Brebes juga diterjunkan dalam pengamanan musim mudik.

"390 personel diterjunkan. Mereka akan dibantu oleh TNI dan instansi terkait lainnya untuk mengamankan Operasi Ketupat Candi 2023 di wilayah Kabupaten Brebes," kata Guntur.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/17/213424978/h-5-lebaran-pemudik-sepeda-motor-padati-jalur-pantura-brebes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke