Salin Artikel

Soal Aksi Warga di Sumbar Ceburkan 2 Pemandu Karaoke ke Laut, Polisi: Pelaku Langgar Hukum dan HAM

KOMPAS.com - Dua perempuan pemandu karaoke di Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), dipersekusi oleh sejumlah orang pada Sabtu (8/4/2023).

Buntut kejadian itu, polisi meminta pelaku persekusi untuk menyerahkan diri. Polisi menilai perbuatan pelaku melanggar hukum dan hak asasi manusia (HAM).

"Kita imbau kepada para pelaku agar segera menyerahkan diri. Karena perbuatan semuanya perbuatan yang melanggar hukum dan HAM," ujar Kepala Bidang (Kabid) Humas Kepolisian Daerah (Polda) Kombes Pol Dwi Sulistyawan, Kamis (13/4/2023).

Dalam rekaman detik-detik kejadian, tampak warga mengarak korban. Mereka lantas menceburkan dua pemandu karaoke itu ke laut.

Video tersebut kemudian beredar di media sosial.

Menurut Dwi, polisi telah mengantongi bukti rekaman kamera pengawas hingga video sewaktu kejadian, sehingga tak kesulitan mengidentifikasi pelaku.

"Sampai sekarang pelaku belum ada yang kami amankan. Kita enggak kesulitan, CCTV ada, rekaman ada," ucapnya.

Kasus ini kini ditangani oleh Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan.


Terkait itu, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sumbar Kombes Pol Andry Kurniawan memerintahkan kepala satuan wilayah (kasatwil) supaya menangani kasus ini dengan cepat.

"Sudah saya perintahkan untuk melakukan penyelidikan. Perspektif hukum apabila memenuhi kekerasan seksual akan kami tangani," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Pesisir Selatan AKP Hendra Yose menduga perbuatan pelaku dipicu oleh adanya kafe yang buka saat Ramadhan.

"Faktor karena wanita di kafe yang buka juga saat bulan Ramadhan. Sehingga masyarakat marah," tuturnya, Selasa (11/4/2023).

Peristiwa tersebbut terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Dalam video yang beredar, terdengar rintihan korban yang meminta ampun dan mengaku tidak ada berbuat apa-apa.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Padang, Perdana Putra | Editor: David Oliver Purba, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2023/04/13/133300378/soal-aksi-warga-di-sumbar-ceburkan-2-pemandu-karaoke-ke-laut-polisi--pelaku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke