Salin Artikel

Pemudik Motor Tujuan Pelabuhan Ciwandan Diminta Tidak Lewat JLS Cilegon, Ini Rute Alternatifnya

CILEGON, KOMPAS.com - Direktur Lalu Lintas Polda Banten, Kombes Pol Firman Darmansyah, tidak menyarankan pemudik motor yang akan menuju Pelabuhan Ciwandan melalui Jalan Lingkar Selatan  (JLS) Cilegon.

Firman menyarankan, pemudik motor dari arah Jabodetabek dan sekitarnya agar melalui jalan protokol Kota Cilegon, lalu memilih Jalan Raya Cilegon-Anyer.

"Nanti dari Serang kalau menuju ke Pelindo II (Pelabuhan Ciwandan) pada saat masuk Kota Cilegon nanti diarahkan, ada penunjuk arah nanti untuk roda dua agar menuju dalam kota (Cilegon), tembus ke Pelindo II," kata Firman kepada wartawan di Merak. Rabu (12/4/2023).

Dikatakan Firman, JLS akan diprioritaskan bagi truk untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan antara motor dan truk.

Sebab, sambung Firman, jika kendaraan besar dan motor berpapasan, rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Bukan belum laik (JLS) dilalui roda dua. Tapi kita mengantisipasi kecelakaan, kita pisah kalau JLS digunakan truk, kota digunakan motor," ujar dia.

Agar pemudik motor tidak kebingungan, kepolisian bersama Dishub telah memasang penunjuk arah dan menyiapkan pengawalan hingga sampai di Pelabuhan Ciwandan.

"Biasanya roda dua dengan kelompok besar tidak tahu jalan, di situ kita akan melakukan pengawalan," kata Firman.

Firman juga mengimbau masyarakat yang akan mudik tidak menggunakan motor karena rawan kecelakaan dan pemerintah mengadakan mudik gratis.

Namun, bila menggunakan motor agar berhati-hati di perjalanan dan tertib berlalulintas

"Tidak usah ngebut-ngebutan, jangan berboncengan lebih dari dua orang. sepanjang jalan sampai ke Ciwandan ada PSO pengaman, check poin, pos pelayanan, pos kesehatan," tandas Firman.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/12/193021378/pemudik-motor-tujuan-pelabuhan-ciwandan-diminta-tidak-lewat-jls-cilegon-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke