Salin Artikel

Surabaya Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 jika Indonesia Ditunjuk FIFA

SURABAYA, KOMPAS.com - Wacana Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 terus mengemuka setelah Peru tak sanggup menggelar hajatan sepak bola internasional usia dini tersebut.

Mundurnya Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 lantaran bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu. Hal ini membuat pemerintah Peru harus melakukan pemulihan.

Indonesia tak menutup kemungkinan untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Sebab, infrastruktur stadion di Indonesia sangat siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang sedianya juga disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 sebelum akhirnya dicabut FIFA.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku mendukung penuh bila Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 oleh FIFA.

Menurutnya, Piala Dunia U-17 bisa memberikan semangat baru, terutama bagi para pesepakbola muda di Tanah Air.

"Kami mendukung untuk Piala Dunia U-17. Karena sebenarnya Piala Dunia ini memberi semangat kepada talenta-talenta muda yang ada di Indonesia, apalagi kalau pertandingannya juga dilakukan di Surabaya," kata Eri di Surabaya, Selasa (11/4/2023).

Hajaran sepak bola Internasional ini juga bisa bermanfaat, terutama dalam upaya menggerakkan ekonomi warga.

Salah satunya bisnis tempat penginapan, rumah makan atau restoran, hingga kerajinan dari UMKM.

"Tentu ini akan berdampak positif, utamanya dalam menggerakkan ekonomi sekitar," kata Eri.

Hal penting lainnya adalah mengenalkan Indonesia kepada khalayak luas bahwa sejatinya negara ini cukup siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Menurutnya, jika Indonesia terpilih jadi tuan rumah Piala Dunia U-17, maka ke depannya Indonesia bisa dipercaya menjadi venue Piala Dunia senior.

"Berarti nanti Piala Dunia yang senior bisa dilakukan di Indonesia. Semoga ini menjadi pembuka di tahun-tahun berikutnya Indonesia akan menjadi tempat final piala dunia," tutur dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/12/061015178/surabaya-siap-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u-17-jika-indonesia-ditunjuk-fifa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke