Salin Artikel

Pemudik yang Lewat Kendal Diperkirakan Naik, Bupati Dico: Kami Siapkan Jalur Alternatif

Menurut suami artis Chacha Frederica tersebut, berdasarkan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), lonjakan arus mudik tahun ini naik dari 88 juta ke 123 juta pemudik. Sedang pemudik yang melintas di Kendal, diprediksi per harinya ada 27.000-an.

“Naik sekitar 30 persen kalau dibandingkan tahun lalu,” kata Dico.

Dico menambahkan, dengan naiknya pemudik yang masuk ke Kendal, pihaknya sudah mengarahkan instansi terkait untuk menyiapkan langkah-langkah antisipatif.

Di antaranya, menyiapkan jalur-jalur alternatif untuk para pemudik, akses keluar masuk tol, mempersiapkan posko mudik di beberapa titik, dan mengatur di pusat-pusat keramaian, terutama pada saat takbir dan Hari Raya Idul Fitri.

“Termasuk jalan yang kurang baik, saya minta sama Dinas PUPR untuk memperbaikinya,” ujar Dico.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kendal, Daryanto menjelaskan sejak akhir 2022, jalan di Kabupaten Kendal sudah bagus.

Pihaknya tinggal melakukan pemeliharaan saja. Termasuk jalan alternatif Kaliwungu-Boja, yang menghubungkan Kendal dengan Semarang, juga Ungaran.

“Kalau ada yang berlubang, langsung kita perbaiki. Pemeliharaan jalan ini, rutin kami lakukan mulai awal tahun 2023,” kata Daryanto.

Daryanto berharap, masyarakat yang lewat kabupaten Kendal, terutama warga kabupaten Kendal yang pulang kampung bisa aman dan nyaman.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/11/185145878/pemudik-yang-lewat-kendal-diperkirakan-naik-bupati-dico-kami-siapkan-jalur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke