Salin Artikel

Anak Buah Egianus Kogoya Ditangkap, 4 Senjata Api dan Pelontar Granat Disita

Kasatgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2023 Kombes I.G.G. Era Adhinata menjelaskan, setelah menangkap Yonce pada Senin (5/4/2023), aparat gabungan kemudian melakukan pendalaman.

Hingga akhirnya ditemukannya sejumlah barang bukti senjata api dan ratusan butir amunisi.

"Barang bukti yang diamankan tersebut merupakan hasil pengembangan penyelidikan dari yang diduga anggota KKB wilayah Nduga. YL telah diamankan sebelumnya oleh aparat gabungan TNI-Polri," ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (10/4/2023).

Sita sejumlah senjata

Era menambahkan, setelah Yonce ditangkap, tim Gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023, yang dipimpin oleh Letkol Inf. Rinto Wijay selaku Danyonif Raider 514/Sabbada Yudha dan Kapten Countri Aurora, serta Ipda Rajab Ilyas dan Ipda Krisna berhasil menguasai salah satu markas dari KKB wilayah Nduga .

Mereka juga menyita senjata api dan ribuan butir amunisi.

Barang bukti itu ialah tiga pucuk senjata api (AR 15, GLM dan FN), satu pucuk senapan angin, 360 butir amunisi kaliber 5,56 mm, satu peluru GLM (granat).

Kemudian 20 butir amunisi HS-9, 14 magasin senapan api laras panjang, lima unit HT, satu teropong, satu unit HP satelit, hingga 2.000 butir amunisi senapan angin.

Berharap pengaruhi gerak Egianus

Dengan tangkapan tersebut, Era berharap aktivitas persenjataan yang dilakukan KKB di Nduga, bisa berkurang karena jumlah amunisi yang disita cukup banyak.

"Dengan diamankannya tersangka tentunya bisa mengurangi aksi dari kelompok KKB pimpinan Egianus Kogoya Hal ini merupakan pukulan telak bagi kelompok Egianus," kata dia.

Tetapi Era tidak menjelaskan apakah penangkapan itu merupakan satu rangkaian kegiatan dari upaya pencarian Pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang disandera oleh KKB Egianus Kogoya.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/10/151344278/anak-buah-egianus-kogoya-ditangkap-4-senjata-api-dan-pelontar-granat-disita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke