Salin Artikel

Pencuri Sepeda Motor Dilepas karena Ternyata ODGJ, Diduga Kabur dari Rumah Sakit Jiwa

Kapolsek Nunukan Kota, Iptu Sony Dwi Hermawan, mengatakan, pemilik sepeda motor sempat menyadari motornya dicuri pada Jumat (7/4/2023) sekitar pukul 15.00 Wita.

Pemilik mendengar suara mesin motor dan bergegas keluar sembari meneriaki maling tersebut. Namun si pelaku sudah berhasil kabur.

"Saat itu pemilik ada di dalam toko sedang istirahat. Ia memarkirkan motor di depan toko yang tertutup dalam kondisi kunci menempel di tempat kontak," ujarnya, Minggu (9/4/2023).

Dari rekaman CCTV, terlihat pelaku sempat menikmati rokoknya di atas motor incarannya, sambil memastikan kondisi sekitar.

Polisi yang melakukan profiling akhirnya berhasil menemukan alamat dan sosok si tersangka.

"Petugas bergerak untuk mengamankan pelaku, kita jemput di rumahnya beserta sepeda motor hasil curian," jelasnya.

Sony mengatakan, si pelaku ternyata mengalami gangguan jiwa. Dari informasi yang diperoleh petugas, pelaku sedang menjalani perawatan di RSJ Kota Tarakan. Belum diketahui, mengapa ia bisa pulang ke Nunukan.

Terkait masalah ini, Polisi masih berupaya berkomunikasi dengan pihak RSJ guna mendapat perkembangan status kejiwaan pelaku.

"Fakta tersebut telah kami sampaikan ke pihak korban. Sehingga pihak korban memahami dan bersedia untuk dilakukan upaya RJ (Restorative Justice)," imbuhnya.

Polisi juga mengupayakan agar pelaku bisa menjalani observasi kejiwaan di RSUD Nunukan.

"Kasus ini seharusnya menjadi catatan juga bagi Pemerintah Daerah. Orang gila mulai meresahkan masyarakat seharusnya ada solusi dari instansi terkait. Tidak seharusnya penanganan ODGJ ditangani polisi," kata Sony.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/10/082733678/pencuri-sepeda-motor-dilepas-karena-ternyata-odgj-diduga-kabur-dari-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke