Salin Artikel

Imigrasi Periksa WN China Pemilik Ratusan Kilogram Teripang dan Sirip Hiu di Rote Ndao

Ratusan kilogram teripang dan sirip hiu yang disimpan di 14 kotak itu diketahui merupakan milik warga negara Cina bernama Xie Qiaobang alias Abong.

Kepala Kepolisian Resor Rote Ndao Ajun Komisaris Besar Polisi I Nyoman Putra Sandita menyatakan, masih berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memeriksa biota laut itu.

"Penyidik juga, masih meminta keterangan dari sejumlah ahli," kata Nyoman, kepada Kompas.com, Sabtu (8/4/2023).

Sedangkan untuk warga negara Cina, lanjut Nyoman, sudah dibawa ke Kupang oleh petugas Imigrasi Kupang.

Sementara itu, untuk barang bukti teripang dan sirip hiu, diambil sampelnya oleh penyidik Satuan Reserse dan Kriminal Polres Rote Ndao.

Untuk barang bukti lainnya dititipkan ke pemilik rumah tempat teripang dan sirip hiu disimpan, karena kondisi belum kering.

Hal itu dilakukan, untuk mencegah kerusakan pada teripang dan sirip hiu.

Dihubungi terpisah, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Darwanto, membenarkan hal itu.

"Kita sedang bawa yang bersangkutan dari Rote menuju Kupang. Nanti setelah kita minta keterangannya baru kita sampaikan," kata Darwanto singkat.


Sebelumnya diberitakan, personel Kepolisian Resor (Polres) Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyita ratusan kilogram teripang dan sirip hiu yang disimpan di rumah warga setempat.

Kepala Kepolisian Rote Ndao Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) I Nyoman Putra Sandita mengatakan, teripang dan sirip hiu itu disimpan di dalam dus.

"Teripangnya disimpan di dalam 13 dus dan sirip hiu di satu dus. Beratnya sekitar 600 kilogram," kata Nyoman kepada Kompas.com, Kamis (6/4/2023) malam.

Barang tanpa dokumen resmi ini disita pada Rabu (5/4/2023) pukul 19.00 Wita. 

https://regional.kompas.com/read/2023/04/08/162240878/imigrasi-periksa-wn-china-pemilik-ratusan-kilogram-teripang-dan-sirip-hiu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke