Salin Artikel

Puncak Arus Mudik di Tol Serpan Mulai 21 April, Pengelola Siapkan Rest Area Km 70

LEBAK, KOMPAS.com - Arus mudik yang melintas di Jalan Tol Serang-Panimbang (Serpan) diprediksi terjadi pada H-1 Hari Raya Idul Fitri. Saat itu, belasan ribu kendaraan diprediksi akan melintas ke wilayah Banten Selatan.

Manajer Bidang Pengembangan Sistem & Usaha Wika Serpan, Muhammad Albagir mengatakan, akan terjadi peningkatan signifikan kendaraan yang melintas di jalan tol yang dibuka 2021. 

"Dipastikan arus mudik dan arus balik akan mengalami kenaikan trafik yang signifikan. Kemungkinan terjadinya kenaikan volume kendaraan diprediksi paling tinggi di tanggal 21 April 2023 hingga 26 April 2023," kata Albagir melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (5/4/2023).

Pada periode tanggal tersebut, sambung Albagir, sekitar 15.000-16.000 kendaraan akan melintas dengan trafik tertinggi diperkirakan keluar dan masuk di Gerbang Tol Rangkasbitung.

Peningkatan terjadi bukan hanya karena pengendara yang hendak mudik, tapi juga tujuan wisata setelah Lebaran.

Untuk mengantisipasi adanya titik kemacetan, pengelola menyiagakan personel di sepanjang jalan tol untuk berpatroli selama 24 jam.

Hal tersebut juga dilakukan untuk melayani pemudik jika ada gangguan di tengah jalan.

Albagir juga mengaku akan mengoperasikan rest area di Km 70+500 arah Rangkasbitung.

"Fasilitas yang tersedia di rest area tersebut antara lain tempat parkir, toilet umum, mushala, UMKM, minimarket, Posko Kesehatan, dan SPBU portabel," ucap dia.

Selain rest area, Tol Serang Panimbang juga menyiapkan tempat singgah untuk keperluan mendesak di Gerbang Tol Rangkasbitung.

Fasilitas yang tersedia di Gerbang Tol Rangkasbitung adalah toilet umum, mushala, posko kesehatan, dan layanan top up kartu uang elektronik. 

"Kami juga menyediakan layanan operasional call center 24 jam melalui telepon/WA di 0811-8668-885," kata Albagir.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/05/173916978/puncak-arus-mudik-di-tol-serpan-mulai-21-april-pengelola-siapkan-rest-area

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke