Salin Artikel

"Analog Switch Off" Diberlakukan, 4.349 STB Disalurkan kepada Keluarga Miskin di Buleleng Bali

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosanti) Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarman menyampaikan bantuan STB itu diberikan untuk memastikan masyarakat memiliki akses siaran TV Digital.

Pasca diberlakukannya Analog Switch Off (ASO) secara merata di Bali pada 31 Maret 2023, siaran TV Analog sudah diganti menjadi siaran TV Digital.

Masyarakat yang semula menggunakan TV Analog, harus menggunakan STB untuk tetap bisa menonton siaran televisi.

"Terhitung sebanyak 4.349 buah STB telah didistribusikan kepada masyarakat Buleleng di 7 kecamatan," jelasnya, Rabu (5/4/2023) di Buleleng.

Pendistribusian STB untuk warga kurang mampu itu dilakukan bersama vendor yang ditunjuk oleh Kemenkominfo RI.

"Tercatat hingga akhir Maret, proses distribusi sudah mencapai persentasi 100 persen," imbuhnya.

"Dari pendistribusian tersebut sebanyak 66 persen sudah terkirim sesuai sasaran, dan sebanyak 44 persen merupakan gagal serah. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa faktor," ungkapnya.

Adapun penyebab gagal serah di antaranya penerima belum memiliki TV, daerah penerima belum terdapat sinyal digital, dan terakhir domisili yang tidak sesuai dengan alamat yang sudah terdaftar di P3KE.

Ia menyebutkan, validasi data P3KE dari pusat belum sepenuhnya akurat. Karena itu, Pemkab Buleleng akan memvalidasi ulang yang menjadi faktor pendukung juga penyebab STB belum dapat disalurkan optimal.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/05/113136578/analog-switch-off-diberlakukan-4349-stb-disalurkan-kepada-keluarga-miskin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke