Salin Artikel

Siswa Kelas 1 SD di NTT Mampu Baca 96 Kata dalam Waktu 2 Menit, Guru Sebut Luar Biasa

"Menurut kami guru kelas satu, itu sudah sangat luar biasa. Sesuatu yang berubah jauh," ujar Maria Goreti Teda Gamo, guru kelas 1 SDN Ndora.

Teda Gamo adalah juri 2 dalam perlombaan membaca kata bagi siswa kelas 1 SD.

Duta baca dari tujuh sekolah di kelompok itu tampil memukau di hadapan tiga dewan juri.

Mereka membaca lancar dari 118 kata yang disiapkan juri. Para juri mendengar pengucapan huruf vokal serta artikulasi kata yang diucap peserta lomba.

Teda Gamo mengatakan, peningkatan membaca pada siswa di kelas awal dipengaruhi dari ketersedian buku-buku bacaan. Selain itu, penerapan perpustakaan ramah anak menjadi salah satu faktor pemicu untuk memacu anak membaca lancar.

"Rata-rata di sekolah dasar di wilayah kita ini sudah menerapkan perpustakaan ramah anak. Kemudian ditunjang dengan buku-buku bacaan berjenjang," katanya.

Fasilitator daerah (Fasda) program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (Inovasi), Philipus De Ornay menyebut rata-rata keterampilan membaca siswa kelas awal sudah mengarah pada titik kemajuan. Bahkan ada siswa kelas satu mampu membaca kalimat.

"Ada loncatan membaca yang luar biasa. Dalam pemetaan kita, ada siswa kelas satu bisa setara dengan siswa kelas enam. Ini mengenai keterampilan membaca," ujar De Ornay.

Kekuatan literasi membaca membuat siswa kelas awal mengalami perubahan secara signifikan. Program literasi siswa yang sebenarnya masih pada level huruf, suku kata (urutan fonem), dan kata loncat menjadi level pengenalan kalimat.

"Program literasi sangat membantu guru dalam kelas. Tingkat pemahaman anak bisa lebih cepat dari sebelum-sebelumnya," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/04/190647878/siswa-kelas-1-sd-di-ntt-mampu-baca-96-kata-dalam-waktu-2-menit-guru-sebut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke