Salin Artikel

Pratu Hamdan, Anggota TNI yang Gugur Ditembak KKB Dikenal Baik dan Ramah

SUMBAWA, KOMPAS.com - Almarhum Pratu Hamdan, anggota TNI dari Satuan Yonif R 321/GT 13/1 Kostrad, yang gugur saat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Pos Yal, Nduga, Papua Pegunungan, pada Senin (3/4/2023), dikenal baik dan ramah di mata keluarga dan masyarakat di kampung halamannya di Dusun Krida, Desa Jamu, Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Desa Jamu, Masharuddin mengatakan, almarhum dikenal sebagai pemuda yang baik dan ramah di lingkungan warga.

"Almarhum Hamdan adalah pemuda yang baik," kata Masharuddin saat dikonfirmasi, Selasa (4/4/2023).

Masharuddin menyebut, almarhum menghabiskan masa sekolahnya di Kecamatan Lunyuk, dari bangku sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

"Almarhum Hamdan sekolah di SDN Krida, SMPN 2 Lunyuk, SMAN 1 Lunyuk," kata Masharuddin.

Setelah tamat sekolah di Lunyuk, Pratu Hamdan lantas mengikuti tes masuk TNI dan lulus tahun 2019.

"Lulus pendidikan TNI tahun 2019. Awal karier masuk TNI bertugas di Yonif Raider 321 Kostrad," katanya.

Prajurit kelahiran 7 Januari 1998 itu merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Ia putra dari pasangan Abdul Hamid dan Rahma.

Saat ini, pihak keluarga di kampung halaman tengah menunggu kedatangan jenazah almarhum dari Timika, Papua Tengah. Rencananya, jenazah Pratu Hamdan tiba di Sumbawa pada besok, Rabu (5/4/2023).

"Saat ini keluarga menggelar doa dan yasinan bersama tetangga di rumah menunggu kedatangan jenazah korban," ungkap Masharuddin.

"Jenazah akan dikirim dari Timika Papua pukul 10.00 WIT ke Makassar. Kemudian dari Makassar diterbangkan ke Bali. Dari Bali rencananya ke Sumbawa, karena tidak ada kargo maka diterbangkan ke Lombok. Dari Lombok langsung ke Lunyuk ke rumah duka menggunakan ambulans," jelas Alid Setiawan.

Diberitakan sebelumnya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang Pos Yal Satgas Yonif R 321/GT/13/1 Kostrad di Distrik Yal, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Senin (3/4/2023) sekitar pukul 09.40 WIT.

Akibat penyerangan tersebut, seorang prajurit bernama Pratu Hamdan gugur dengan luka tembak di bagian kepala.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/04/165332078/pratu-hamdan-anggota-tni-yang-gugur-ditembak-kkb-dikenal-baik-dan-ramah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke