Salin Artikel

Cakupan Perekaman E-KTP di 3 Kabupaten di Papua Barat Dinilai Masih Rendah

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipul (Disdukcapil) Ria Come, angka perekaman Pegunungan Arfak baru sebanyak 32 persen, Manokwari Selatan 67 persen, dan Teluk Wondoma 70 persen.

Ria mengatakan, rendahnya cakupan perekaman KTP elektronik dipicu letak geografis, jaringan internet, dan alat perekaman KTP.

“Misalnya Pegunungan Arfak, masyarakat lebih banyak tinggalnya jauh-jauh,” jelas Ria dikutip dari Antara.

Dia mengatakan, untuk ketersediaan blanko e-KTP tidak menjadi permasalahan sebab provinsi memiliki stok untuk membantu kabupaten yang kekurangan.

“Kita masih ada stok blanko KTP elektronik sebanyak 18.000,” ujar Ria

Ia menyebutkan, cakupan perekaman e-KTP untuk target nasional pada 2022 sebesar 99,3 persen dan target provinsi sebesar 80 persen. Namun pada tahun 2023 naik menjadi 90 persen.

Oleh sebab itu ia meminta kepala daerah di setiap kabupaten memiliki komitmen dalam meningkatkan capaian perekaman e-KTP.

“Kita meminta untuk Disdukcapil menjadi prioritas apalagi sudah mendekati pemilu 2024,” ujarnya.

Ria menjelaskan, untuk meningkatkan cakupan perekaman e-KTP harus ada inovasi seperti jemput bola dan sebagainya.

“Kami dari provinsi juga akan turun untuk membantu ketiga kabupaten yang memiliki cakupan KTP elektronik rendah. Sebelum turun ke lapangan, kita lakukan pemetaan dan bekerja sama dengan kepala kampung," kata Ria Come

https://regional.kompas.com/read/2023/04/03/173632378/cakupan-perekaman-e-ktp-di-3-kabupaten-di-papua-barat-dinilai-masih-rendah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke