Salin Artikel

Pemudik Sepeda Motor ke Sumatera Tak Lewat Pelabuhan Merak, Dialihkan ke Ciwandan

Pemudik motor akan disebrangkan melalui Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon.

"Mulai H-7 hingga H+7 lebaran, khusus pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua (motor), dan truk logistik tujuan Sumatera akan dialihkam menyebrang melalui Pelabuhan Ciwandan," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (3/4/2023).

Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau pribadi dan angkutan umum tetap disebrangkan ke Pulau Sumatra melalui Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Dikatakan Tri, pengalihan kendaraan roda dua dan truk logistik ke Pelabuhan milik Pelindo II itu dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak pada puncak arus mudik.

"Pengalihan kendaraan ini dilakukan untuk membagi, mengurai volume kendaraan di Pelabuhan Merak," ujar Tri.

Untuk memperlancar arus kendaraan menuju Pelabuhan Ciwandan, Pemerintah Kota Cilegon saat ini sedang memperbaiki Jalan Lingkar Selatan yang menjadi akses pemudik.

Tidak hanya jalan, penerangan jalan umum (PJU) juga ditambah oleh Dishub Kota Cilegon.

Sedangkan Dishub Banten, lanjut Tri,  bersama kepolisian akan mengerahkan personil di sepanjang jalan menuju Pelabuhan Ciwandan.

"Untuk di Pelabuhan Ciwandan, pengelola, Pelindo II telah mempersiapkan ruang tunggu dan fasilitas lainnya untuk kenyamanan pemudik," kata Tri.


Selama arus mudik dan balik, kata Tri, sebanyak lima dermaga dibuka di Pelabuhan Ciwandan dan untuk pembelian tiket secara online melalui aplikasi Ferizy.

Sebanyak 12 kapal milik PT ASDP, satu kapal Pelni dan tiga kapal milik PT Antosim Lampung Pelayaran dikerahkan untuk mengangkut pemudik.

"Nanti untuk kapal ASDP rutenya Ciwandan-Bakauheni, kapal Pelni dan PT ALP melalui Ciwandan-Panjang," tandas Tri.

Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah mengatakan, dengan adanya pengalihan kendaraan di Pelabuhan Merak akan berdampak pada terurainya kepadatan saat arus mudik di Pelabuhan Merak.

"Konsentrasi merak nanti bisa terpecah sebagian kendaraan itu masuk ke wilayah Pelindo II Ciwandan," kata Firman.

Firman berharap, pada arus mudik dan balik 2023 ini akan berjalan lancar terutama di Pelabuhan Merak dan Ciwandan dengan didukung infrastruktur, sarana dan prasana yang memadai.

"Mudah mudahan natni kalo jalannya lancar semua Pelindo II Ciwandan nanti bisa bagus pelayanannya, Merak bagus insyaallah nanti arus lalulintas nanti bisa dikelola arus mudik," ujar Firman.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/03/170708378/pemudik-sepeda-motor-ke-sumatera-tak-lewat-pelabuhan-merak-dialihkan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke