Salin Artikel

Bangkai Paus Seberat 2 Ton Terdampar di Pantai Batu Lumbang Bali, Proses Penguburan Butuh 2 Hari

Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Permana Yudiarso mengatakan, bangkai paus seberat sekitar 2 ton itu ditemukan pada Sabtu (1/4/2023) sekitar pukul 15:30 Wita.

Pihaknya telah mengecek bangkai paus tersebut, Minggu (2/4/2023).

"Hasil pemeriksaan visual, mamalia yang terdampar diduga jenis Paus Bryde atau Paus Edeni (Balaenoptera Brydei)," jelasnya, Senin (3/4/2023) di Denpasar.

"Ukuran panjang (bangkai paus) 11 meter dengan berat diperkirakan kurang lebih 2 ton," imbuhnya.

Tim melakukan koordinasi dengan instansi yang hadir untuk menentukan penanganan bangkai paus tersebut, dan dipilih metode penguburan karena melihat kondisi bangkai paus, serta lokasi yang berpasir dan landai.

Bangkai paus tersebut akan dikuburkan Senin ini.

"Kemarin dilakukan pengerukan lokasi penguburan dan menggiring bangkai paus ke daratan untuk menghindari air pasang. penguburan bangkai akan mulai dilanjutkan Senin karena pertimbangan keamanan tim di lapangan," kata dia.

Ia menyebutkan, DNA paus tersebut telah diambil sampelnya untuk diuji DNA yang dilakukan oleh Yayasan Bali Bersih. Adapun penyebab kematian paus tersebut belum diketahui.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/03/112608678/bangkai-paus-seberat-2-ton-terdampar-di-pantai-batu-lumbang-bali-proses

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke