Salin Artikel

Kilang Minyak Pertamina Dumai Meledak, Penyebabnya Akan Diselidiki

KOMPAS.com - Kilang minyak PT Pertamina Refinery Unit (RU) II di Kota Dumai, Riau, meledak pada Sabtu (1/4/2023) sekitar pukul 22.30 WIB.

Area Manager Communication, Relations, dan CSR RU II Dumai Agustiawan mengatakan, penyebab ledakan belum diketahui. Untuk itu, pihaknya akan melakukan investigasi.

Dia menuturkan, insiden pada Sabtu malam terjadi di area gas compressor.

"Tim kedaan darurat telah berhasil atasi kejadian di area gas compressor Kilang Dumai. Kejadian telah dapat dikendalikan sekitar pukul 22.54," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Muhammad Iqbal menjelaskan, polisi bakal menyelidiki ledakan kilang minyak Dumai.

"Saat ini yang paling utama kita lakukan adalah pengamanan, agar masyarakat dapat melaksanakan aktivitasnya. Kemudian, melakukan penyelidikan kenapa hal itu bisa terjadi," ucapnya di Markas Polda Riau, Minggu (2/4/2023).

Saat peristiwa tersebut terjadi, warga mengaku mendengar ledakan keras.

"Ledakannya sangat kuat. Kami sekeluarga terkejut," tutur Nasori (47), warga yang tinggal sekitar 500 meter dari kilang Dumai.


Usai mendengar ledakan, ia dan keluarganya langsung keluar rumah untuk memastikan keadaan.

Hal serupa juga disampaikan Reki Hariadi (34).

"Kami lagi kumpul keluarga, tiba-tiba ada ledakan sangat kuat. Kami pikir gempa, karena getarannya cukup kuat," jelasnya, Sabtu.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Pekanbaru, Idon Tanjung | Editor: David Oliver Purba, Khairina, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2023/04/02/115004978/kilang-minyak-pertamina-dumai-meledak-penyebabnya-akan-diselidiki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke