Salin Artikel

Antisipasi Macet di Jalan Tol saat Mudik Lebaran, BPJT Siapkan Langkah Ini

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono mengatakan program tersebut merupakan bagian dari dari empat jenis layanan yang telah direncanakan untuk lebaran kali ini.

Menurut Triono, skenario yang dipersiapkan antara lain semua kendaraan diarahkan untuk parkir di tempat yang sudah ditentukan.

"Setelah itu, penumpang baru bisa menuju ke tempat penyedia layanan yang diinginkan. Dengan begitu, tidak akan terjadi antrean kendaraan yang mengular sampai ke badan jalan tol," jelasnya saat menerima kunjungan Komisi V DPR RI, Kamis (30/3/2023).

"Selama ini antrean seperti ini yang membuat arus lalin di jalan tol menjadi tersendat bahkan macet. Nanti juga akan menambah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di beberapa rest area," imbuhnya.

Selain itu juga akan ditingkatkan pelayanan transaksi di gerbang tol, pengaturan lalu lintas dan peningkatan pelayanan konstruksi. Sedikitnya Ada enam kilometer jalan tol di Jawa Tengah yang difungsionalkan untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas.

Anggota Komisi V DPR RI Fadloli menyoroti rencana pembangunan exit tol di Jalan Pattimura Salatiga yang berimpitan dengan Desa Pabelan, Kabupaten Semarang.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak termasuk pimpinan Kabupaten Semarang yang telah memberikan respons baik. Ini kerja sama yang baik antara Pemkab Semarang, Kota Salatiga dan BPJT," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/31/044200578/antisipasi-macet-di-jalan-tol-saat-mudik-lebaran-bpjt-siapkan-langkah-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke