Salin Artikel

Soal Kebakaran Kapal MT Kristin, Pemilik: Kami Bertanggung Jawab Penuh

“Kami bertanggung jawab penuh sebagai ship owner untuk menjamin keselamatan awak kapal, kargo kapal, penanganan MT Kristin, penanggulangan risiko dampak lingkungan," kata Direktur PT Hanlyn Jaya Mandiri Tedi Supriadi, melalui keterangan tertulis, Selasa (28/3/2023).

Pemilik kapal siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk memeriksa penyebab kebakaran kapal tersebut.

"Dan kami siap menjalin kerja sama dengan pihak terkait untuk bersama-sama melaksanakan langkah yang diperlukan baik dalam rangka pemeriksaan dan investigasi penyebab terjadinya insiden," kata Supardi.

PT Hanlyn Jaya Mandiri merupakan pemilik kapal MT Kristin yang disewa oleh PT Pertamina International Shipping (PIS) untuk melaksanakan pengangkutan dan pengiriman kargo bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dari Fuel Terminal Tuban menuju Integrated Terminal Ampenan dan Fuel Terminal Sanggaran.

PIS sebagai penyewa kapal MT Kristin yang dimiliki oleh PT Hanlyn Jaya Mandiri, sigap mendorong pemilik kapal untuk mengambil langkah penanggulangan insiden sebagai komitmen pertanggungjawaban memastikan keselamatan kru dan muatan kargo kapal.

PIS mendorong pemilik kapal melaporkan proses tindakan yang telah dilakukan terkait penanganan korban dan keluarga, awak kapal yang selamat, cargo and vessel handling, dan mitigasi dampak lingkungan.

PT Hanlyn Jaya Mandiri terus berkoordinasi dengan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat, Polairud, Basarnas, KSOP, Pelindo, dan pihak terkait lainnya, untuk memastikan penanganan MT Kristin dapat dilaksanakan sesuai standar keselamatan dan tidak berdampak lingkungan.

PT Hanlyn Jaya Mandiri dan PIS juga ikut mendampingi kunjungan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) ke dermaga PDS untuk memeriksa kondisi Kapal MT Kristin.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/28/232818278/soal-kebakaran-kapal-mt-kristin-pemilik-kami-bertanggung-jawab-penuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke