Salin Artikel

Replika Masjid Raya Sheikh Zayed di Depan Balai Kota Solo Roboh

Replika Masjid Raya Sheikh Zayed berukuran sedang dengan warna putih itu dipasang di halaman pusat pemerintahan di Kota Solo dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan 1444 H.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Siti Khotimah mengatakan pihaknya akan segera memperbaiki replika Masjid Raya Sheikh Zayed yang roboh setelah diterjang angin kencang.

"Langkahnya akan kita perbaiki. Ini kan kebetulan tidak kita prediksi karena cuaca. Sehingga hujan, angin terus akhirnya roboh seperti itu," katanya dihubungi wartawan di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Pihaknya mengatakan sudah berkoodinasi dengan penyedia jasa untuk memperbaiki replika Masjid Raya Sheikh Zayed di depan Balai Kota Solo. Menurutnya, perbaikan membutuhkan waktu sekitar sehari.

Kondisi kerusakan replika Masjid Raya Sheikh Zayed cukup parah, meski rangkanya sudah dibuat sedemikian kuat menggunakan besi. Replika Masjid Raya Sheikh Zayed pun akan dibuat ulang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo Nico Agus Putranto mengatakan sudah mengantisipasi jika terjadi hujan deras disertai angin kencang di Solo.

"Antisipasi kita siap. Jika ada kejadian pohon tumbang kita siap evakuasi biar tidak menghalangi jalan," jelas Nico.

Berdasarkan data BPBD Solo titik rawan pohon tumbang di Solo di antaranya di wilayah Mojosongo, Jebres dan Kawasan Slamet Riyadi. Karena di kawasan tersebut terdapat banyak pohon rindang dan rawan roboh.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/28/171335578/replika-masjid-raya-sheikh-zayed-di-depan-balai-kota-solo-roboh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke