Salin Artikel

Sekda Kalbar: Yang Dilarang Itu Buka Bersama Pakai Duit Negara

Sekretaris Daerah Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson menilai bahwa sebenarnya yang dimaksud tidak boleh menggelar buka bersama jika menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) atau uang negara.

“Sebenarnya pegawai negeri menggunakan APBD untuk buka puasa bersama itu yang tidak boleh, di samping harus berhati-hati dalam masa transisi pandemi menjadi endemi,” kata Harisson dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/3/2023).

Harisson menjelaskan, selama para pejabat atau ASN yang bersangkutan menggunakan harta sendiri untuk menyelenggarakan buka bersama, tentunya boleh saja.

Sebelumnya, Gubernur Kalbar Sutarmidji memastikan akan tetap menggelar buka bersama pada bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah. Dia menegaskan, buka puasa bersama digelar bukan antar-pejabat, melainkan dengan masyarakat.

“Pemprov Kalbar tetap ada buka bersama. Tapi khusus bersama anak yatim dan kaum duafa, bukan antarpejabat,” kata Sutarmidji kepada wartawan, Jumar (24/3/2023).

Gubernur Sutarmidji menerangkan, sikap yang berbeda tersebut tidak bermaksud menentang kebijakan pemerintah pusat. Sutarmidji menilai, maksud larangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah buka bersama antar-pejabat bukan pejabat dengan masyarakat.

Diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta supaya aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat pemerintahan untuk sementara tidak menggelar kegiatan buka puasa bersama pada Ramadhan 144 Hijriah.

Adapun larangan itu tertuang pada Surat Sekretaris Kabinet Nomor 38/Seskab/DKK/03/2023 tentang arahan terkait penyelenggaraan buka puasa bersama yang telah dikonfirmasi Sekretaris Kabinet Pramono Anung pada Rabu (22/3/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/03/25/143854078/sekda-kalbar-yang-dilarang-itu-buka-bersama-pakai-duit-negara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke