Salin Artikel

Pasokan Listrik ke Bangka Terganggu, PLN Datangkan Genset dan Ribuan Lampu Darurat

BANGKA, KOMPAS.com - Sebanyak 17 unit genset dan ribuan lampu emergency yang berasal dari seluruh unit PLN di Sumatera dan Kalimantan dikirim ke wilayah Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

PLN akan segera mengoperasikan genset dan membagikan lampu darurat agar masyarakat bisa mengakses listrik dalam kondisi darurat.

Seperti diketahui, pasokan listrik ke wilayah Bangka terganggu imbas tiga tower transmisi di wilayah Kenten-Tanjung Siapi-api, Sumatera Selatan, ambruk akibat cuaca buruk.

"Selain terus bergerak untuk mempercepat pemulihan pasokan listrik, sejak Senin (20/3/2023) kami sudah mulai mendatangkan dan mengoperasikan genset-genset yang berasal dari PLN se-Sumatera-Kalimantan," kata Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bangka, Edy Saputra dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/3/2023).

Edy menuturkan, PLN akan memprioritaskan operasional genset di lokasi vital, seperti di rumah sakit, puskesmas, kantor polisi, Koramil, masjid, pondok pesantren, dan fasilitas-fasilitas penting layanan masyarakat lainnya.

Sedangkan untuk lampu darurat yang jumlahnya 4.000 diharapkan dapat membantu masyarakat sebagai penerangan alternatif.

“Saat ini tim PLN terus bergerak cepat untuk melakukan pemulihan dengan menggunakan alat berat di beberapa titik lokasi gangguan. Kami juga menyiapkan 17 genset dan ribuan lampu emergency di Bangka yang perlu di back-up genset,” pungkas Edy.

Ketua Masjid Agung Sungailiat Syaipul Zohri menyampaikan apresiasinya atas langkah cepat dan inisiatif PLN dengan menyediakan genset dan lampu darurat.

“Alhamdulillah, terima kasih PLN, sangat membantu sekali adanya genset dan lampu emergency ini untuk mendukung operasional kami di Masjid Agung Sungailiat sehingga kegiatan ibadah berjalan normal," ungkap Syaipul.

Petugas berupaya dengan cepat agar gangguan segera teratasi walau kondisi geografis cukup berat dan cuaca yang ekstrem di lapangan.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga tower transmisi di wilayah Kenten-Tanjung Siapi-api, Sumatera Selatan, ambruk saat kondisi hujan lebat.

Imbasnya, aliran listrik tegangan tinggi yang seharusnya dialirkan ke Bangka melalui kabel laut menjadi terhenti.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/22/092426178/pasokan-listrik-ke-bangka-terganggu-pln-datangkan-genset-dan-ribuan-lampu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke