Salin Artikel

Pertama Kali Injakkan Kaki di Keerom, Presiden Jokowi Ikut Tanam Jagung Bersama Petani

Kedatangan Jokowi ke negeri tapal batas ini disambut langsung oleh Bupati Keerom Piter Gusbager bersama ratusan masyarakat yang sudah menunggu sejak pagi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Bupati Keerom, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan para petani, menanam jagung secara simbolis di lahan yang telah disiapkan.

Presiden Jokowi mengatakan, sebanyak 10.000 hektar lahan disiapkan untuk penanaman jagung. Hal itu dilakukan untuk mencapai ketahanan pangan nasional.

“Sekarang yang sudah disiapkan seperti pembebasan tanah, pengolahan tanah baru 500 hektar. Tahun depan 2.500 hekar,” kata Jokowi di Keerom, Selasa sore.

“Tapi yang ditanam hari ini baru 100 hektar,” tambahnya.

Jokowi menjelaskan, pemerintah pusat dan Pemerintah Kabupaten Keerom akan melihat panen jagung pertama pada Juni 2023.

“Kita akan lihat berapa ton per hektarnya akan kelihatan,” kata Jokowi.

“Palingan di Keerom pertama ini palingan bisa panen sekitar empat ton, kedua enam ton, sampai panen ketiga baru berada pada posisi yang baik,” ujarnya.

Jokowi telah mengingatkan Bupati Keerom dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk memastikan pembeli jagung hasil panen dari wilayah itu.

Hal itu dilakukan untuk memastikan harga jagung terjaga dan petani tidak rugi setelah panen.

“Saya suruh menyiapkan optikernya, mulai yang beli itu siapa. Karena di Papua sini juga masih kurang untuk suplai jagung bagi peternak. Masih kurang, baik ayam bertelur, ayam daging, babi maupun sapi,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/21/202805778/pertama-kali-injakkan-kaki-di-keerom-presiden-jokowi-ikut-tanam-jagung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke