Salin Artikel

Sambut Ramadhan, Solok Selatan Gelar Tradisi Balimau, Sediakan 12.240 Porsi Makanan Gratis

PADANG, KOMPAS.com - Menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menggelar tradisi Balimau di pemandian Sapan Maluluang, Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan, Minggu (19/3/2023).

Dalam acara tradisi Balimau itu, Pemkab Solok Selatan menyediakan 12.240 porsi makanan gratis kepada masyarakat yang berkunjung dan melibatkan 106 pelaku usaha kuliner di Solok Selatan.

Penyediaan tersebut juga melibatkan 32 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pihak sponsor Bank Nagari dan PTSupreme Energy.

"Balimau merupakan tradisi masyarakat Solok Selatan jelang Ramadhan dengan makna membersihkan diri," kata Bupati Solok Selatan Khairunas, yang dihubungi Kompas.com, Minggu (19/3/2023).

Menurut Khairunas, tradisi Balimau memiliki filosofi untuk membersihkan diri ketika memasuki bulan Ramadhan dengan mandi di sungai atau tempat pemandian.

Selain itu juga untuk mempertemukan masyarakat, menjalin, dan mempererat silaturahmi dengan makan bersama.

Khairunas menyebutkan, acara Balimau itu selain disediakan makanan gratis juga dilengkapi hiburan yang menghadirkan artis nasional, Khairat KDI.

"Kita juga mendatangkan ustadz Idris Halim yang memberikan siraman rohani," kata Khairunas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Solok Selatan, Firdaus Firman menyebutkan, acara tradisi Balimau itu diperkirakan diikuti lebih dari 10.000 orang.

"Diikuti masyarakat Solok Selatan. Semua porsi makanan gratis habis. Diperkirakan satu hari acara itu diikuti lebih 10.000 orang," kata Firdaus.

Tradisi Balimau itu mengangkat tema "Balimau Basamo, Persatuan Kuat, UMKM Hebat, Solok Selatan Melompat".

"Ini merupakan cerminan persatuan, pemberdayaan masyarakat melalui UMKM, demi terwujudnya Solok Selatan maju dan sejahtera," kata Firdaus.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/20/074709678/sambut-ramadhan-solok-selatan-gelar-tradisi-balimau-sediakan-12240-porsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke