Salin Artikel

Bantu Tangani Dampak Erupsi Merapi, Sepertiga Kekuatan Polda Jateng Dikerahkan

Bantuan tersebut berupa pengobatan gratis, bantuan sembako, pakan ternak hingga pembersihan abu vulkanik menggunakan water canon.

"Di jajaran Polda Jateng kita lakukan dengan operasi Aman Nusa, yaitu sepertiga anggota kita geser ke wilayah terdampak abu vulkanik," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi usai mengunjungi Pos Pantau Merapi Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Kamis (16/3/2023).

"Termasuk kemarin pembersihan menggunakan alat water canon dan sebagainya. Ini untuk memberikan pelayanan masyarakat terdampak," imbuh Luthfi.

Sebelum ke Kabupaten Magelang, pihaknya telah meninjau wilayah terdampak abu vulkanik di Kabupaten Boyolali. Menurutnya, masalah yang dihadapi hampir sama yaitu pada sektor pertanian dan peternakan.

Luthfi mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan, baik di Kabupaten maupun Provinsi Jawa Tengah, untuk mengatasi masalah tersebut.

Luthfi berharap aktivitas vulkanik Gunung Merapi terus melandai sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas normal.

"Secara umum kita siap melakukan operasi, baik TNI, Polri, relawan dan seluruh stakeholder bersama-sama untuk mengatasi probelm ini," tandasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2023/03/16/152043978/bantu-tangani-dampak-erupsi-merapi-sepertiga-kekuatan-polda-jateng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke