Salin Artikel

Persiapan Mudik Lebaran 2023, Terminal Tirtonadi Solo Libatkan Anjing Pelacak Cek Area Pengiriman Barang

Pemeriksaan ini sebagai persiapan terminal dalam rangka menyambut angkutan Lebaran 2023 sekaligus mengantisipasi masuknya barang yang dilarang, seperti narkoba.

"Pemeriksaan ini salah satunya untuk melacak barang-barang yang dilarang tentunya salah satunya narkoba," kata Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Bandiyono di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/3/2023).

Selain pemeriksaan di tempat pengiriman barang menggunakan anjing pelacak, pihaknya juga telah melakukan ram check armada bus angkutan Lebaran.

Kendati sudah menjadi kegiatan rutin tahunan setiap lebaran, pemeriksaan kendaraan layak jalan penting dilakukan guna mencegah terjadinya kecelakaan.

"Kita memastikan bahwa pengguna jasa transportasi darat merasa aman dan nyaman. Kami telah melakukan kemarin ram check kendaraan," ungkap dia.

"Perkiraan di kami terminal Tirtonadi dari sebelumnya masa pandemi yang hanya dikisaran 10.000-100.000 orang kita perkirakan naik menjadi 600.000 orang," kata Bandiyono.

Satuan K9 Polresta Solo Bripka Andika Pulung mengatakan pemeriksaan area pengiriman barang menggunakan anjing pelacak yang spesifikasinya digunakan melacak bahan peledak (handak) dan narkoba.

Adapun anjing tersebut jenisnya adalah gasifier.

"Nanti kita mendapatkan bahan yang dicurigai nanti akan duduk dan tidak bergerak," ungkap Bripka Andika.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/15/145746778/persiapan-mudik-lebaran-2023-terminal-tirtonadi-solo-libatkan-anjing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke